Kompas TV regional berita daerah

Jelang PSU Dapil Gorontalo 6, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Perbaikan DCT

Kompas.tv - 15 Juni 2024, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, KPU Provinsi Gorontalo diperintahkan untuk melaksanakan PSU pemilihan DPRD Provinsi Dapil Gorontalo 6.

Pemungutan suara Ulang Atau PSU di dapil Gorontalo 6 yang terdiri dari Kabupaten Boalemo dan Pohuwato dilakukan usai dikabulkannya gugatan terkait adanya partai politik yang tidak memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

Menindaklanjuti hal itu,  KPU Provinsi Gorontalo menghadirkan lima partai tersebut dalam rapat koordinasi persiapan perbaikan Daftar Calon tetap atau DCT sebelum pelaksanaan PSU nanti.

Kelima partai itu diantaranya,Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Gerindra, Demokrat,dan partai Nasdem.

Kelima partai yang dinyatakan belum memenuhi syarat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen itu diminta untuk segera melakukan perbaikan DCT sesuai dengan tahapan dan waktu yang ditentukan oleh KPU Provinsi Gorontalo.

Dalam rapat koordinasi itu, KPU Provinsi Gorontalo pun memberikan sosialisasi terkait mekanisme tahapan PSU dan tata cara pencalonan yang harus dipenuhi oleh kelima partai politik tersebut.

KPU Provinsi Gorontalo mengungkapkan PSU Pemilihan DPRD Provinsi dapil Gorontalo 6 akan dilaksanakan pada hari Sabtu,13 Juli 2024 mendatang.

KPU Provinsi Gorontalo pun menegaskan bahwa seluruh peserta psu dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun, para peserta hanya diperbolehkan untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan PSU.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi Gorontalo menegaskan akan melakukan pengawasan secara intensif dan maksimal dalam pelaksanaan PSU mendatang.

Baca Juga: Dinas Pertanian Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Kelayakan Hewan Kurban di Gorontalo

Dalam pengawasan pelaksanaan PSU mendatang, Bawaslu Provinsi Gorontalo akan menggunakan pengawas TPS pada Pemilu 14 Februari 2024 kemarin.

KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo pun berharap, pelaksanaan PSU DPRD provinsi Dapil Gorontalo 6, dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

 

#KPUProvinsiGorontalo

#PemungutasnSuaraUlang

#DCT

#Gorontalo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x