Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Menu Unik saat Iduladha, Sate Domba Kuah Tongseng

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 11:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Hari Raya Iduladha selalu diisi dengan aneka macam menu dengan bahan dasar daging. Sate atau tongseng, menjadi menu wajib yang selalu hadir. Salah satu hotel di Solo, Jawa Tengah, memadukan dua jenis masakan tersebut menjadi menu baru yang unik.

Daging domba biasanya menjadi salah satu yang banyak dibagikan ketika Hari Raya Iduladha. Memiliki aroma yang khas, daging domba cocok dimasak menjadi beragam menu. Beberapa di antaranya adalah sate dan tongseng.

Sate dibakar, sementara tongseng dimasak dengan kuah. Namun salah satu hotel di Solo, Jawa Tengah, menawarkan sensasi menu yang memadukan keduanya. Gurihnya daging domba yang dibakar, disiram dengan kuah tongseng yang bercita rasa rempah ini bisa menjadi inspirasi untuk menu pilihan saat Iduladha.

Bumbu dan pembuatan kuah tongseng cukup mudah. Bahan yang disediakan di antaranya bawang merah, bawang putih, serai, cabai dan lainnya, kemudian dimasak dalam kaldu domba. Terakhir, disajikan dengan nasi daun jeruk sehingga rasanya lebih nikmat.

“Saat Iduladha ini, kita membuat promo menu tongseng namun dibakar. Jadi kita menyajikan sate namun ada kuahnya, yakni kuah tongseng. Unik karena belum pernah ada sate tapi ada kuahnya, kemudian ini bukan pakai nasi biasa, namun pakai nasi daun jeruk,” tutur Tunjung Lukito, juru masak.

Ternyata rasa dari sate tongseng ini, memiliki keunikan tersendiri bagi penikmatnya. Sate yang dibakar dipadukan dengan kuah tongseng.

“Menu nya unik karena belum pernah ada di Solo ada menu sate kambing dan tongseng. Sate kambing kan menu yang kering, kalau ditambah kuah tongseng jadi lebih enak. Ini sama sekali tidak ada bau prengus, enak,” ucap Nidaul Hanifah, penikmat kuliner.

Bagi anda yang ingin mencicipi menu lebaran yang satu ini, anda  bisa merogoh kocek sebesar Rp 70.000 per porsi.

#menuiduladha #satekambing #solo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x