Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kunjungi Klaten, Presiden Tinjau Pompanisasi untuk Lahan Kering

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 10:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri, Pj gubernur Jawa Tengah, dan bupati Klaten meninjau pompanisasi dari Sungai Dekeng ke lahan pertanian warga di Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (19/06/2024) pagi. Selain mengecek program pompanisasi, selanjutnya presiden menyapa sejumlah petani yang sedang berada di sawah.

Program pompanisasi ini merupakan solusi untuk membuat lahan kering agar tetap bisa dimanfaatkan. Petani bahkan bisa meningkatkan produktiviitas tanam yang hanya satu kali bisa menjadi dua kali.

“Bapak Presiden mengecek secara langsung melihat program pompanisasi yang diberikan kepada pemerintah Klaten. Senang tadi melihat memaksimalkan pompa yang sudah diberikan dan airnya Alhamdulillah lancar. Ada 65 pompa yang diberikan kepada kelompok petani terus yang diberikan kepada Pak Dandim juga ada untuk kondisi kedaruratan, terus yang dari pihak pertanian juga ada,” jelas Sri Mulyani, Bupati Klaten.

Diharapkan dengan adanya program pompanisasi akan ada sekitar 2 juta ton beras yang dihasilkan. Jumlah itu nantinya bisa menutup atau mengurangi sekitar 50 persen impor beras.

#jokowi #pompanisasi #klaten



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x