Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Waspada Identifikasi Pendonor Demi Kualitas Produk Darah bagi Pasien

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 10:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seminar nasional mengenai Pendekatan Segitiga Kesehatan untuk Mempersiapkan Donor Darah Berkualitas Tinggi untuk Hasil Terbaik bagi Pasien ini diselenggarakan di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang secara tatap muka dan daring. Seminar ini dinilai penting karena PMI menyadari pentingnya kualitas darah dari pendonor dapat mempengaruhi kualitas darah yang diterima oleh penerima darah.

Seminar ini memberikan paparan mengenai bagaimana memonitoring pendonor sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) dalam tiga aspek penting kesehatan pada skrining awal secara komprehensif. Hal tersebut meliputi skrining dari aspek kesehatan fisik, kesehatan sosial, dan kesehatan mental.

"Selama ini proses seleksi donor itu masih secara general, belum spesifik secara psikologis, dsb. Harapannya ke depannya secara psikologis, genetik, bisa menjadi data base untuk proses seleksi donor sehingga kualitasnya benar-benar yang terbaik," tutur Salma Nadiyah, Ketua Panitia acara seminar nasional. 

Ketua PMI Kota Semarang Awal Prasetyo menyebut selama ini di PMI hanya berfokus pada proses pengolahan darah, namun belum berfokus pada input atau kualitas pendonor. Padahal kualitas dari pendonor juga menjadi faktor penting untuk mendapatkan darah yang berkualitas tinggi.

"Layanan darah itu kita fokusnya baru pada proses, jadi bagaimana darah itu diambil, bagaimana penyimpanan, distribusinya, jadi aspek teknisnya. Padahal kita paham bahwa faktor input itu sangat berpengaruh terharap kualitas produk darah yang dihasilkan, yang diharapkan memberikan outcome optimal bagi pasien," jelas Awal Prasetyo.

Diharapkan seminar nasional ini dapat menjadi acuan dan pedoman bagi seluruh elemen kesehatan dalam meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kualitas pendonor. Sesuai dengan tiga aspek penting kesehatan yakni aspek kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan sosial sehingga nantinya bisa mendapatkan darah dengan kualitas terbaik yang dapat didistribusikan kepada penerima darah.

#pmi #pmikotasemarang #donordarah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x