Kompas TV regional sumatra

Raja Salman Relief Bantu Penanganan Operasi Jantung

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 17:47 WIB
Penulis : KompasTV Medan

MEDAN, KOMPAS.TV - Kerjasama bakti sosial King Salman Relief dengan Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik Medan memberi peluang hidup yang besar bagi anak dengan cacat jantung bawaan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap Sumatra Utara mampu menangani operasi untuk mengurangi antrian pasien rujukan. Sabtu (27/6/24)

Dalam kunjungannya Budi Gunadi mengatakan kerja sama ini akan mempercepat penanganan pasien penyakit jantung. Bantuan alat serta transfer pengetahuan sehingga dokter di Sumatra Utara mampu melakukan operasi jantung pada anak.

Budi berharap pemerintah daerah Sumut kedepannya mampu melayani para pasien jantung untuk mengurangi antrian pasien rujukan ke rumah sakit di Jakarta. Berkurangnya antrian rujukan tidak hanya meningkatkan peluang hidup pasien biaya perobatan juga akan jauh berkurang.

Kurangnya dokter yang mampu melakukan operasi jantung pada anak dan terbatasnya ketersediaan alat menjadi penyebab tingginya tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular. 

Guna menurunkan tingkat kematian ini pemerintah Arab Saudi King Salman Relief dan muslim World League menggelar bakti sosial penanganan operasi jantung pada anak bekerja sama dengan RSUP Adam Malik Medan.

Bakti sosial ini melayani penanganan bedah jantung tindakan kateterisasi jantung dan penanganan kelainan jantung pada anak. 

Sementara duta besar Arab Saudi Faisal bin Abdullah Al-Amoudi menyatakan program ini bertujuan untuk membantu para dokter di Indonesia untuk dapat melakukan operasi kepada anak sehingga peluang sembuhnya anak anak dengan penyakit jantung semakin meningkat. (#)

#operasijantung #kingsalmanrelief #muslimworldleague #jantung #operasi #sumut #rsupadammalik #arabsaudi 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x