Kompas TV regional berita daerah

Akibat Musim Kemarau Panjang Ratusan Hektar Sawah Kekeringan

Kompas.tv - 6 September 2024, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT,KOMPAS.TV - Ratusan hektar lahan pesawahan yang tersebar disejumlah Kecamatan mulai dari Kecamatan Pameungpeuk, Cikelet, Cisompet, Bungbulang, Cibatu, Limbangan dan Kecamatan lainnya di Garut, Jawa Barat, mengalami kekeringan, akibat musim kemarau panjang yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya sumber air sehingga para Petani kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka.

Jenis kerusakan pun beraneka ragam mulai dari kerusakan ringan yang mencapai 180 hektar, rusak sedang 48 hektar, rusak berat 19 hektar dan puso 19 hektar. Bahkan beberapa Petani pun seperti halnya Petani di Kecamatan Limbangan memilih panen padi lebih awal meskipun hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai harapan.

Kepala dinas pertanian Kabupaten Garut, Haeruman mengatakan sejak kemarau panjang melanda Garut  ratusan haktar pesawahan dengan berbagai kategori alami kekeringan yang tersebar disejumlah Kecamatan sehingga berbagai upaya pun dilakukan guna meminimalisir dan membantu Petani yang saat ini kekurangan dan membutuhkan air untuk sawah mereka.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x