Kompas TV regional sulawesi

Keunikan Tradisi Walima, Warnai Peringatan Maulid Nabi di Lapas Perempuan Gorontalo

Kompas.tv - 20 September 2024, 11:44 WIB
keunikan-tradisi-walima-warnai-peringatan-maulid-nabi-di-lapas-perempuan-gorontalo
Warga Binaan di Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo sedang Berebut untuk Mendapatkan Kue Walima Saat Perayaan Maulid Nabi (Sumber: Humas LPPGo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo, UPT Pemasyarakatan pada Kanwil Kemenkumham Gorontalo, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H Tahun 2024 dengan merayakan walima, Rabu (18/9).

Walima sendiri merupakan salah satu tradisi di Provinsi Gorontalo yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17 saat Islam masuk ke Bumi Hulondalo. Salah satu keunikan yang ada pada perayaan tersebut yaitu adanya tolangga.

Tolangga adalah keranda tempat menata kue-kue tradisional yang biasanya terbuat dari bilah kayu atau bambu dengan bentuk menara, masjid, atau perahu. Kue-kue tradisional seperti kolombengi, sukade, wapili, telur rebus, dan lainnya diisi ke dalam plastik dan disusun menyesuaikan bentuk tolangga. Zaman yang berubah membuat walima sedikit mengalami modifikasi. Beberapa hiasan tolangga ditambah dengan kopi saset, makanan ringan kemasan, mie instan dan sebagainya seperti pada Lapas Perempuan Gorontalo.

Para Warga Binaan Pemasyarakatan bersama Petugas Lapas terlihat sangat antusias ikuti serangkaian acara perayaan maulid, dengan nuansa tradisi Gorontalo yang disebut walima tersebut. Serangkaian kegiatan dimulai dari laporan pelaksanaan kegiatan, sambutan Kepala Lembaga Pemasyarakatan, pembacaan Al-Quran dan saritilawah, mendengarkan tausiyah dari Ustad Ikbal Pakaya, melantunkan shalawat nabi, dan doa bersama.

Selain itu keseruan juga tidak bisa dielakkan saat Warga Binaan dan Petugas berebut kue walima dan berbagai snack yang ada pada tolangga yang telah disediakan.

Kalapas Perempuan Gorontalo, Elang Kartini, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Warga Binaan dan pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sehingga berjalan lancar dan sukses.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pembinaan kepribadian mental dan rohani bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama islam," ungkapnya.

Lebih lanjut, menurutnya peringatan Maulid Nabi ini digelar, tak hanya dimanfaatkan sebagai momen berbagi antar sesama penghuni lapas. Namun menjadi ajang dalam meningkatkan kecintaan serta meneladani sifat tauladan Nabi Muhammad SAW.

 

#maulidnabi

#lapasperempuangorontalo

#wargabinaan

#walima

#gorontalo




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x