A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 225

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 225
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 108
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Mengenal Tiliaya Kuliner Khas Gorontalo

Kompas TV regional berita daerah

Mengenal Tiliaya Kuliner Khas Gorontalo

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 10:16 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Provinsi Gorontalo memiliki beragam kuliner yang menjadi ciri khas daerahnya, namun di Provinsi yang dikenal sebagai Serambi madinah ini memiliki kuliner yang khas dan tidak mudah untuk ditemukan.Kuliner ini sudah ada pada zaman raja dahulu pada abad ke 15,dan merupakan hidangan sepesial dalam kerajaan di Gorontalo.

“Tiliaya” namanya, bentuknya yang meyerupai pudding ini mungkin,apabila anda berkunjung ke Provinsi Gorontalo, anda tidak dengan mudah untuk menjumpai Kuliner khas yang satu ini.

Karena Kuliner yang memiliki rasa manis ini, hanya disajikan pada saat tertentu saja. Seperti pada bulan Ramadan,pada acara adat, serta pada acara tahlilan atau doa arwah.

Pada bulan Ramadan biasanya kuliner yang merupakan hidangan penutup ini,disajikan atau wajib disantap pada awal sahur dan berbuka puasa.

Biasanya kuliner ini disajikan berdampingan dengan nasi kuning, karena tiliaya ini lebih nikmat disantap dengan nasi kuning dan pisang.

Bahan – bahan dan cara pembuatannyapun sangat sederhana, anda hanya menyiapkan Gula aren,telur ayam dan santan kelapa.

Ada yang unik dalam pembuatan Tiliaya ini, yaitu apabila anda memecahkan telur ayam tidak sembaragan,cara memecahkan telur ayam hanya di pecahkan bagian ujung telurnya saja,karena cangkang telur ayam ini akan digunakan sebagai takaran santan kelapa nantinya.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Jadi Budaya New Normal

Cara pembuatan tilaya yaitu,campurkan telur ayam dan gula merah yang telah dihaluskan,kemudian di aduk dengan sendok hingga berbusa,kemudian campurkan santan ditakar menggunakan cangkang telur, apabila anda menggunakan 5 butir telur ayam,maka santan yang digunakan 5 cangkang telur ayam,ini menjadi salah satu cara agar tidak mengurangi cita rasa dari tiliaya ini. Sedangkan untuk takaran gula aren,disesuaikan dengan selera anda.

Setelah ketiga bahan ini tercampur,kemudian bahan tersebut dikukus selama 30 menit.

Ahli gizi dinas kesehatan Provinsi Gorontalo, Arifasno Napu meneliti kandungan gizi tiliaya. Dengan lima butir telur, 250 gram gula merah dan 200 cc santan, akan menghasilkan energi sebesar 1.407 kalori. Terdiri dari protein 58,2 gram, lemak 31,5 gram, dan karbohidrat 219 gram. Selain itu, tiliaya juga mengandung vitamin a, vitamin b1, vitamin c, kalsium, fosfor, natrium hingga kalium.

 

#Tiliaya  #kulinerkhas  #Gorontalo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x