Kompas TV religi beranda islami

ZIkir Penenang Hati, Baca Saat Menjelang Tidur hingga Terlelap

Kompas.tv - 30 September 2021, 16:59 WIB
zikir-penenang-hati-baca-saat-menjelang-tidur-hingga-terlelap
Ilustrasi Susah Tidur Meski Mata Sudah Mengantuk (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan zikir sederhana yang bisa kamu amalkan menjelang tidur.  Zikir ini diambil dari salah satu ayat AlQuran dan jika dimaknai artinya dengan mendalam, maka akan mendapatkan ketenangan hati.

Para ulama mengajarkan, jika hati kita sedang resah, gundah atau tidak tenang. Bisa jadi itu karena ulah setan. Setan yang mungkin merupa seseorang, seseorang maupun sesuatu yang mengganggu hatimu hingga membuatmu menjadi tidak tenang.

Untuk itulah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengusir yang mengganggu itu dengan cara zikir. Zikir adalah alat seorang muslim untuk berkomunikasi, meminta kepada Allah untuk senantiasa dilindungi.

Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al-Imran ayat 176 yang berbunyi:

"Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman."

Adapun, bacaan zikir untuk menenangkan hati ini diambil dari surat al-Insyirah ayat 6. Zikir ini begitu sederhana, cukup pendek dan baiknya dibaca berulang-ulang ketika malam tiba menjelang tidur.

Berikut bacaan zikir penenang hati itu.

INNA MA’LAM USRI YUSRO

Artinya: sesunggunya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan (QS: Al-Insyirah ayat 6)

Baca Juga: Zikir dan Doa untuk Mengobati Sakit Hati

Bacalah zikir di atas berkali-kali seraya resapi makna di dalamya. Terus rapalkan dan hayati mungkin sampai kamu tertidur.

Dalam Al-Quran surat Ar-Rad ayat 28 Allah berfirman tentang makna zikir bagi kita muslim, yang artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.”

Begitulah. Semoga Allah senantiasa menenteramkan hati kita. Amin. Wallahu a’lam bisshowab.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x