Kompas TV religi beranda islami

3 Amalan di Bulan Rajab agar Berkah dan Umur Dipanjangkan

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 07:32 WIB
3-amalan-di-bulan-rajab-agar-berkah-dan-umur-dipanjangkan
Ilutrasi bulan rajab. tiga amalan ini bisa dilakukan di bulan Rajab, agar umur dipanjangkan dan berkah (Sumber: Aziz Acharki/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan rajab adalah bulan istimewa dalam islam. Bulan Rajab tahun ini 1443 Hijiriah jatuh pada hari Kamis (3/2/2022). Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan, zikir dan ibadah.

Bulan Rajab adalah 1 dari empat bulan haram dalam sistem penanggalan Hijriah, kalender Islam yang merujuk para peredaran bulan (qomariyah). 

Sedangkan bulan haram itu bermakna, bulan yang diistimewakan atau bulan suci dalam Islam. Tiga lainnya adalah bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Hal itu termaktub dalam firman Allah: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab. Sebuah penanda atau pintu gerbang menuju Ramadan tak lama lagi. Setelah Rajab lantas bulan Sya’ban lalu sampailah ke bulan suci Ramadan yang ditunggu semua umat Islam.

Tiga amalan ini bisa dilakukan sebagai umat Islam di bulan Rajab. Sebagai ikhtiar agar hidup kian berkah dan umur kita dipanjangkan oleh-Nya. 

Baca Juga: Hilal Tak Terlihat, Awal Rajab 1443 H Jatuh Pada Besok Kamis 3 Februari 2022

Tiga Amalan Bulan Rajab

Pertama, Memperbanyak Doa agar Umur Dipanjangkan

Salah satu keutamaan bulan Rajab adalah, ada sebuah doa Nabi Muhammad agar hidup berkah dan umur dipanjangkan. Doa yang bermakna agar Allah mempertemukan kita lagi, memanjangkan umur agar terus berjumpa dengan Ramadan, bulan suci umat Islam. 

Doa Bulan Rajab

Bacaan Doa Nabi Muhammad saat bulan rajab (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.”

(Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Kedua, Berpuasa Rajab

Berpuasa di bulan Rajab baiknya juga dilakukan. Terkait waktu terbaik dan tatacara, anda bisa melihat tatacara puasa Rajab lewat tautan di bawah ini.

Baca Juga: Bacaaan Niat Puasa Rajab Arab-Latin, Lengkap Beserta Waktu Terbaik Berpuasa

Ketiga, Memperbanyak Sedekah

Sedekah adalah hal baik yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad. Bulan Rajab sebagai bulan istimewa adalah waktu terbaik untuk memperbanyak amalan ini. 

Apalagi, orang yang gemar sedekah tidak akan berkurang rezeki, justru bertambah. Kenapa tidak memperbanyaknya?

Semoga Allah senantiasa memberikan berkah di bulan Rajab ini. Amin. Wallahu a'lam.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x