Kompas TV religi beranda islami

Bulan Syakban: Niat Puasa, Keutamaan, dan Doa, Lengkap dengan Waktu Nisfu Syakban 1443 Hijirah

Kompas.tv - 12 Maret 2022, 09:03 WIB
bulan-syakban-niat-puasa-keutamaan-dan-doa-lengkap-dengan-waktu-nisfu-syakban-1443-hijirah
ilustrasi berdoa. Syakban adalah salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan penanda datangnya bulan Ramadan. (Sumber: Pixabay/Mohamed_hassan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan hal-hal yang terkait dengan bulan Syakban, mulai dari niat puasa, doa, tata cara serta waktu terbaik untuk memanjatkan doa.

Syakban adalah salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan penanda datangnya bulan Ramadan.

Pada bulan Syakban juga terjadi beberapa peristiwa bersejarah dalam Islam. Salah satunya adalah pemindahan kiblat umat Islam dari Masjidil Aqsa di Yerusalem berpindah ke Masjidil Haram di Mekkah.

Puasa Bulan Syakban

Syakban adalah bulan ibadah. Hal ini dilandaskan pada sebuah hadis terkait puasa sunah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hadis ini diriwayatkan oleh Aisyah yang melihat Rasulullah berpuasa di bulan Syakban.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Syakban’.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Para ulama memaknai hadis ini sebagai anjuran sunah untuk berpuasa di bulan Syakban. Khususnya pada awal sampai pertengahan bulan Syakban.

Baca Juga: Bulan Syaban dan Kisah Pemindahan Kiblat Umat Islam, dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram

Niat Puasa Syakban

Puasa Syakban secara teknis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagaimana puasa pada umumnya.

Pertama, berniat. Kita bisa berniat dalam hati layaknya puasa lainnya. Niatnya adalah "Saya niat berpuasa."



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x