Kompas TV religi beranda islami

Begini Penghormatan Islam terhadap Jenazah Eril Usai Ditemukan: Dimandikan hingga Disalatkan

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 09:21 WIB
begini-penghormatan-islam-terhadap-jenazah-eril-usai-ditemukan-dimandikan-hingga-disalatkan
Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Begini penghormatan Islam terhadap jenazah Eril (Sumber: nstagram emmerilkahn)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Duta Besar  Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad mengatakan, otoritas Swiss telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra dari Ridwan Kamil.

“KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam,” katanya dalam Breaking News KOMPAS TV, Kamis malam (9/6/2022).

Lantas, hak-hak Eril atau jenazah apa saja dalam syariat Islam untuk jenazah?

Ibnu Kharis Lc, MA atau biasa disapa dengan Ustaz Ahong menjelaskan tahapan penghormatan dalam syariat Islam.

Penghormatan itu, lanjut penerima Maarif Institute Award 2022,  itu adalah berupa dimandikan, dikafani, dibebaskan dari segala hutang dan segera disalati, lantas dikuburkan setelah sampai di tanah air.

“Islam sangat menghormati jenazah. Maka setelah diumumkan Adinda Eril ditemukan, maka dilakukan penghormatan untuknya, sebagaimana lazimnya jenazah muslim, yakni dikafani dan dimandikan, disalati jenazah dan dikuburkan,” papar Ustaz Ahong saat dihubungi KOMPAS.TV Jumat (10/6/2022).

Namun, ada sejumlah catatan menurut Ustaz Ahong, misalnya, dalam proses memandikan, harus lebih hati-hati lagi agar tidak tergores atau luka lagi.

Selain itu, jika ia punya hutang, maka harus dibebaskan dulu. 

Hal ini sebagaimana hadis Nabi dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, “Jiwa (Ruh) seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi)

Satu hal lagi, dan ini menurutnya sering  ditanyakan oleh warga, apalagi ia aktif berdakwah di Jawa Barat, ketika Eril tiba dan warga  sudah salat gaib, apakah lantas disalati jenazah?

“Nantinya, tetap salat jenazah lagi. Salat gaib sifatnya mendoakan dan perlu salat jenazah lagi nanti saat datang ke Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Tata Cara Salat Gaib untuk Mendoakan Kepergian Eril yang Sudah Diikhlaskan Keluarga Ridwan Kamil

Baca Juga: Siswa Gelar Salat Gaib Untuk Eril Putra Ridwan Kamil

9 Perlakuan Jenazah yang Meninggal

Dikutip dari Panduan Praktis Salat Jenazah dan Perawatan Jenazah yang ditulis oleh Ahmad Fathoni El-Kaysi, paling tidak ada Sembilan hal yang harus dilakukan ketika mendapati seseorang dalam kondisi wafat.

Sembilan hal itu sebagai berikut:

  1. Memejamkan kelopak matanya
  2. Mengikat rahangnya. Jika tidak dilakukan, maka mulut jenazah akan senantiasa terbuka
  3. Melemaskan persendian jenazah. Dijelaskan juga, jika kondisi jenazah dalam kondisi kaku, maka boleh dilemaskan dengan cara diberi minyak
  4. Melepaskan pakaian yang dipakainya
  5. Memindahkan jenazah
  6. Menindih perutnya. Dijelaskan, cara ini biasanya dilakukan dengan sebuah benda memiliki berat dua puluh dirham (20x2,75 gr = 54,300 gr) atau secukupnya. Ini dilakukan agar agar perutnya tidak membesar.
  7.  Menutup badan jenazah.
  8. Membebaskan segala tanggungan utang dan lainnya.
  9. Segera diurusi, artinya segera dimandikan, disalati dan dikuburkan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x