Kompas TV religi beranda islami

Indahnya Menjaga & Memuliakan Tetangga

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Islam adalah agama yang Rahmatan Lil Alamin, yang artinya rahmat bagi seluruh alam beserta isinya. Islam juga mengajarkan tentang kebersamaan dan saling menjaga hubungan, baik itu hubungan kepada Allah SWT maupun hubungan kepada sesama manusia, terutama tetangga. Menjaga dan memuliakan tetangga sudah tertera dalam hadist berikut :

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah memuliakan tetangganya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ada banyak hikmah yang bisa didapatkan dari memuliakan tetangga. Tetangga adalah saudara kita yang paling dekat. Ketika terjadi sesuatu, tetanggalah yang pertama akan memberikan pertolongan, terlebih jika kita hidup jauh dari rumah saudara.

Memuliakan tetangga sebenarnya bukan perkara susah, jika kita mempunyai keinganan dan ketulusan untuk melakukannya. Misalnya ketika kita memasak, lebihkan sedikit dan berikan kepada tetangga. Terkadang sebuah pemberian itu tidak selalu dinilai dari seberapa banyaknya, tetapi juga dari sisi perhatiannya. 

Meskipun dalam kenyataannya terkadang ada saja hal tidak baik yang kita alami dalam kehidupan bertetangga. Namun jika diniatan untuk memuliakan tetangga, insyaallah kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan bertetangga bisa didapatkan.

Selalu berusaha untuk tidak ikut campur urusan tetangga, memaafkan kesalahannya, apalagi yang tidak disengajanya, selalu bersikap lemah lembut adalah usaha kita untuk bisa selalu memuliakan tetangga.

Semoga Allah selalu memudahkan setiap urusan dan niat baik kita. Aamiin. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x