Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Takbir Iduladha 2023 yang Benar Versi Pendek dan Panjang, Teks Arab, Latin Berikut Artinya

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 16:11 WIB
bacaan-takbir-iduladha-2023-yang-benar-versi-pendek-dan-panjang-teks-arab-latin-berikut-artinya
Ilustrasi takbir keliling. Ini bacaan takbir Iduladha 2023 versi pendek dan panjang (Sumber: AP Photo/Yusuf Wahil)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lantunan bacaan takbir sebentar lagi akan berkumandang di Indonesia menyambut Hari Raya Iduladha 1444 hijriah yang jatuh pada Rabu (28/6/2023) dan Kamis (29/6/2023).

Umat muslim disunahkan untuk melantunkan takbir pada malam lebaran Iduladha atau saat hendak ke masjid untuk melaksanakan salat Id.

Melansir NU Online, takbir Iduladha termasuk takbir muqayyad, yaitu takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu mengiringi salat, dibaca setelah melaksanakan salat, baik fardu maupun sunah.

Waktu membaca takbir muqayyad iduladha adalah setelah salat subuh hari Arafah (9 Zulhijah) dan batas akhirnya pada akhir hari Tasyriq (13 Zulhijah) selepas asar. 

Selain takbir muqayyad, dianjurkan membaca takbir Iduladha pada malam 10 Zulhijah atau biasa disebut takbiran di malam lebaran.

Baca Juga: Bacaan Niat Salat Iduladha 2023 untuk Imam dan Makmum, Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Bacaan Takbir Iduladha 2023 

Berikut bacaan takbir Iduladha dalam bahasa Arab, latin dan artinya yang bisa menjadi acuan untuk dilantunkan jelang, saat dan setelah lebaran atau hari tasyrik.

Bacaan takbir Iduladha versi pendek:

Bacaan takbir iduladha 2023 versi pendek (Sumber: Kompas TV/ Dian Nita)

All hu akbar, All hu akbar, All hu akbar. L il ha illall hu wall hu akbar. All hu akbar wa lill hil hamdu. 

Artinya, “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya.”

Bacaan takbir Iduladha versi panjang:

Bacaan takbir Iduladha 2023 versi panjang (Sumber: Kompas TV/ Dian Nita)

All hu akbar kab r , walhamdu lill hi kats r , wa subh nall hi bukratan wa ash l , l il ha illall hu wa l na‘budu ill iyy hu mukhlish na lahudd na wa law karihal k fir n, l il ha illall hu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa a'azza jundahu wa hazamal ahz ba wahdah, l il ha illall hu wall hu akbar. Allahu akbar walillahilhamdu.

Baca Juga: Jamaah Haji Masuk Wukuf Hari Ini, Puasa Arafah 2023 Ikut Arab Saudi Atau Pemerintah Indonesia?

Artinya: "Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan(yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafiq, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan keesaan-Nya, Dia dzat yang menepati janji, dzat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentaraNya dan menyiksa musuh dengan keesaan-Nya. tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah."   



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x