Kompas TV religi agama

Khotbah Iduladha Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti: Tumbuhkan Empati dan Simpati kepada Sesama

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 11:10 WIB
khotbah-iduladha-sekum-muhammadiyah-abdul-mu-ti-tumbuhkan-empati-dan-simpati-kepada-sesama
Suasana jemaah salat Iduladha di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023) pagi membeludak. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam khotbah Iduladha 1444 H menyebutkan bahwa momen Iduladha adalah momentum untuk menumbuhkan empati.

"Walaupun status Covid-19 sudah diubah oleh pemerintah menjadi endemi, tapi berbagai macam persoalan sosial ini masih sangat terasa dalam kehidupan di masyarakat kita. Karena itu, ini momentum kita hendaknya menumbuhkan sifat dan sikap di mana kita senantiasa berempati dan bersimpati kepada sesama," kata Abdul Mu'ti, dalam khotbahnya di Masjid Jami Al Huda, Tebet Timur, Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2023) pagi.

Baca Juga: Ini 5 Amalan Sunah Sebelum Salat Hari Raya Idul Adha 2023

Abdul Mu'ti mengatakan bahwa Iduladha hendaknya juga menjadi momentum untuk meningkatkan solidaritas sosial.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha pada dasarnya memberikan tuntunan kepada manusia untuk membunuh sifat-sifat tercela dalam dirinya.

Mengenai beda waktu perayaan Iduladha, Abdul Mu'ti mengatakan bahwa perbedaan itu sering terjadi dan sudah menjadi hal yang biasa.


"Ini sesuatu yang sudah seringkali terjadi, sesuatu yang sudah biasa. Kami mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk dapat melaksanakan ibadah Iduladha dengan penuh keyakinan dan khusyuk mengharapkan rida Allah SWT dan mengambil pelajaran dari nilai-nilai ibadah kurban," katanya.

Dia juga mendoakan warga Muslim yang akan merayakan Iduladha pada 29 Juni 2023 mendapat kemudahan dan rida dari Allah SWT.

"Semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT, tidak hanya nilai bersifat spiritual tapi juga nilai sosial dan nilai yang berkaitan dengan peningkatan kualitas moral," jelas Abdul Mu'ti, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Menaker: Cuti Bersama Idul Adha Opsional bagi Pekerja, jika Diambil Dihitung Cuti Tahunan

Adapun Panitia kurban Masjid Jami Al Huda akan menyembelih hewan kurban yang meliputi 20 sapi dan 21 kambing pada Rabu sekitar pukul 09.00 WIB. Daging hewan kurban selanjutnya akan dibagikan kepada warga.

 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x