Kompas TV religi agama

Zalia Jadi Salah Satu Jemaah Haji Tertua Asal Belitung, Usia 81 Tahun

Kompas.tv - 5 Mei 2024, 23:00 WIB
zalia-jadi-salah-satu-jemaah-haji-tertua-asal-belitung-usia-81-tahun
Kementerian Agama akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia dalam dua gelombang. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.TV - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat, calon jemaah haji tertua asal daerah itu berusia 81 tahun.

"Calon jemaah haji tertua asal Kabupaten Belitung adalah atas nama Zalia berusia 81 tahun, asal Tanjung Pandan," kata Kepala Kantor Kemenag Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Kamis (2/5/2024) mengutip Kompas.com.

Sedangkan calon jemaah haji termuda asal Kabupaten Belitung atas nama Rahmatang berusia 29 tahun, asal Selat Nasik.

Baca Juga: 22 Kloter Haji Berangkat Perdana ke Tanah Suci pada 12 Mei, Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan

"Calon jemaah haji yang diberangkatkan pada 2024 merupakan jemaah yang mendaftar pada tahun 2012 dan ini adalah sisa jemaah yang tidak diberangkatkan pada 2023 lalu," ujar Masdar Nawawi.

Masdar Nawawi mengatakan, jumlah calon jemaah haji asal Belitung pada tahun 2024 sebanyak 62 orang, terdiri dari 26 laki-laki dan 36 perempuan.

Calon jemaah haji terbanyak, lanjut Masdar Nawawi, berasal dari Tanjung Pandan 53 orang, Sijuk dua orang, Badau tiga orang, Membalong satu orang, dan Selat Nasik tiga orang.

"Mereka sudah menjalani tes kesehatan, meskipun calon jemaah haji pada tahun ini masih banyak lansia,"

"Mereka yang melaksanakan ibadah haji harus istithaah (mampu) tidak hanya dari biaya, namun juga dari fisik," kata Masdar Nawawi.

Masdar Nawawi menjelaskan, 62 calon jemaah haji asal Belitung akan diberangkatkan dari Tanjung Pandan menuju Asrama Haji Pangkalpinang. Pemberangkatan menggunakan maskapai Sriwijaya Air 737-600 pada 17 Mei 2024.

Saat Tiba di Madinah "Para jemaah di sana akan diterima oleh petugas penerimaan jemaah di Asrama Haji Pangkal Pinang."

Baca Juga: Kolesterol Paling Banyak Diderita Calon Jemaah Haji, Ini Tips Jaga Kesehatan sebelum ke Tanah Suci

"Jemaah akan menginap semalam dan bertolak menuju Palembang pada keesokan hari tepatnya siang hari," ujar dia.

Setelah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, kata Masdar, para calon jemaah haji itu akan menunggu jadwal keberangkatan menuju Jeddah menggunakan maskapai Saudia Airlines.

"Biasanya keberangkatan adalah pada Sabtu (18/5/2024) malam, sama seperti keberangkatan jemaah haji tahun lalu," ungkapnya.

Masdar Nawawi memastikan, calon jemaah haji asal daerah itu siap diberangkatkan menuju Tanah Suci karena telah mengikuti kegiatan manasik haji sebanyak delapan kali dan menjalani pemeriksaan kesehatan.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x