A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 238

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 238
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 85
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Ini Yang Diajarkan Islam Agar Masyarakat Urban Tidak Mudah Stres

Kompas TV religi beranda islami

Ini Yang Diajarkan Islam Agar Masyarakat Urban Tidak Mudah Stres

Kompas.tv - 13 Mei 2020, 01:49 WIB
ini-yang-diajarkan-islam-agar-masyarakat-urban-tidak-mudah-stres
Hati tenteram dengan mengingat Allah (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Herwanto

Tingkat stres yang tinggi, pola makan yang instan, ditambah dengan kondisi lingkungan yang penuh dengan asap, paparan radiasi dan toksin adalah dampak dari gaya hidup di perkotaan.

Gemerlapnya kehidupan kota yang serba ada, menjadikan masyarakat urban menjadi masyarakat dengan pola hidup yang serba instan. Pola hidup yang buruk dapat menimbulkan dampak negatif dan penyimpangan-penyimpangan yang tentu berakibat fatal.

Tak dapat dipungkiri, 'waktu' menjadi acuan yang utama dari gaya hidup seseorang. Rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan harus dijalani setiap orang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari bangun tidur, berangkat kerja, menuju sekolah, kantor atau tempat kerja, menembus kemacetan, disibukkan dengan setumpuk pekerjaan. 

Pulang larut malam, tidur hingga berangkat bekerja lagi, dan begitu seterusnya. Seakan lini masa masyarakat urban sudah terpola seperti itu pada hari kerja.

Stres bukanlah penyakit yang asing bagi manusia. Semua pernah mengalaminya, sebab manusia tercipta  dengan potensi untuk stres. Namun tidak semua orang stres karena alasan yang sama. Hal ini berkaitan dengan imun yang dimiliki masing-masing individu.

Sebagian orang stres dengan suatu keadaan, namun yang lain malah menjadikannya sebagai hiburan. Di sana ada cara pandang yang berbeda. Cara pandang juga berhubungan dengan masa lalu, pendidikan dan lingkungan dia dibesarkan dan di mana dia hidup.

Dan masing-masing individu mempunyai karakter yang berbeda satu dengan lainnya, yang membentuk kekuatan iman dan ketetapan hati ketika mengalami tekanan hidup.

Mudahnya warga urban terpicu emosi (Sumber: Kompas TV)

Pengamat ekonomi Imaduddin Abdullah mengatakan bahwa masyarakat perkotaan merupakan kelompok yang paling rentan mengalami stres. Beberapa alasan yang melatarbelakangi hal ini antara lain tingginya tingkat urbanisasi, faktor ekonomi dan kemacetan.
Ia menjelaskan, biaya hidup di daerah perkotaan sangat tinggi disaat minimnya lapangan kerja yang dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk hidup di tengah kota.

"Isu finansial memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Dalam sejumlah kasus, faktor ekonomi menjadi alasan seseorang bunuh diri atau berperilaku kriminal," ujarnya.

Sementara, Psikolog Liza Marielly Djaprie, M.Si, Psi, SC mengatakan aktivitas PACC atau Perigenual Anterior Cingulate Cortex yang mengatur tinggi rendahnya stres seseorang, lebih tinggi pada masyarakat perkotaan dibandingkan mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

"Masyarakat kota lebih stres, karena daya tekan yang tinggi baik soal perekonomian, lingkungan, maupun sosial. Kompleksitas kehidupan perkotaan inilah yang mencerminkan tingginya tingkat stres masyarakat," jelas Liza.

Berzikir hilangkan kecemasan, takut dan perasaan buruk lainnya (Sumber: Kompas TV)

"Ingatlah hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram." (QS Ar Ra’d : 28)

Sesungguhnya zikir dapat mendekatkan kita pada yang maha kuasa.
Islam mengajarkan kita untuk berzikir sebagai penyelamat jiwa. Bahkan zikir adalah jalan yang paling mudah untuk menuju kemenangan.

Dalam sebuah hadis disebutkan: 'Perumpamaan orang yang selalu berdzikir pada Allah SWT dengan orang-orang yang tidak berzikir adalah seperti orang hidup dan orang mati.'

"Hai orang-orang beriman janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang yang merugi." (QS Al-Munafiqun:9)

Totalitas ketaatan dan kepatuhan sebagai umat muslim terhadap ajaran rasul, akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup kita di dunia dan di akhirat kelak. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x