Kompas TV saintek teknologi

Ada yang Baru! WhatsApp Bakal Meluncurkan Mode Sekali Lihat di Fitur Voice Note

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 17:00 WIB
ada-yang-baru-whatsapp-bakal-meluncurkan-mode-sekali-lihat-di-fitur-voice-note
WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru, yakni pesan suara yang bisa disetel ke mode sekali lihat. (Sumber: WABetaInfo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi pesan suara atau voice note yang bisa disetel ke dalam mode sekali lihat (view once).

Fitur baru WhatsApp ini dinilai menciptakan lapisan privasi baru. Pasalnya, pesan suara atau voice note tidak dapat disimpan, diteruskan, maupun diekspor jika menggunakan mode sekali lihat.

Saat ini, fitur voice note sekali lihat belum tersedia secara umum, hanya tersedia untuk penguji beta guna melakukan uji coba.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik lewat HP di WhatsApp, SMS, dan Website PLN Terbaru 2023

Melansir WABetaInfo, fitur voice note yang disetel ke mode sekali lihat akan memunculkan ikon baru yang tersedia di bilah obrolan ketika pesan suara direkam dengan kunci.

Terdapat ikon angka “1” yang menunjukkan bahwa pesan itu akan dikirimkan untuk sekali lihat.

Penerima pesan suara nantinya tidak dapat mengekspor, meneruskan, menyimpan, atau merekamnya.

Setelah pesan suara dengan mode sekali lihat ini diaktifkan, pengirim juga tidak dapat mendengarkan lagi dan penerima tidak dapat mendengar pesan suara setelah memutarnya.

Sebelumnya, WhatsApp telah meluncurkan fitur pesan sekali lihat untuk media foto dan video sejak Juni 2021. Awalnya, pengguna masih dapat melakukan tangkapan layar (screenshot) sehingga privasi belum sepenuhnya terjadi.

Baca Juga: Cara Mendeteksi WhatsApp Anda Sedang Disadap dan Langkah Mengamankannya

WhatsApp kemudian mengunci pesan sekali lihat dengan memblokir akses screenshot  pesan pada Agustus 2022. Hal ini memungkinkan pengguna yang tengah berbagi pesan sensitif atau data pribadi dapat lebih nyaman.


 




Sumber : WABetaInfo


BERITA LAINNYA



Close Ads x