Kompas TV saintek teknologi

Cara Langganan Starlink Indonesia dan Daftar Harga Paketnya

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 23:00 WIB
cara-langganan-starlink-indonesia-dan-daftar-harga-paketnya
Antena layanan internet berbasis satelit, Starlink yang disedekahkan Elon Musk di Izyum, Ukraina. Elon Musk hari Jumat (14/10/2022) mengatakan SpaceX miliknya menghentikan pendanaan Starlink yang membuat internet Ukraina dan militernya tetap online secara gratis selama perang dengan Rusia. (Sumber: Washington Post/Yasuyoshi Chiba)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink, resmi beroperasi di Indonesia sejak Senin (20/5/2024).

Starlink merupakan layanan internet yang dikelola oleh SpaceX, perusahaan penerbangan luar angkasa yang juga dimiliki oleh Elon Musk.

Starlink pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2018. Hingga kini, sekitar 5.000 satelit Starlink telah berhasil diorbitkan menggunakan roket SpaceX, Falcon 9.

Layanan ini menawarkan kecepatan internet yang bervariasi antara 25 hingga 220 Mbps.

Kecepatan ini membuat Starlink sangat cocok untuk berbagai aktivitas internet seperti streaming, panggilan video, game online, dan penggunaan internet rumah tangga lainnya.

Baca Juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk

Berbeda dengan layanan internet lainnya di Indonesia yang memanfaatkan kabel fiber optik, Starlink menggunakan satelit luar angkasa untuk membagikan jaringan broadband.

Menurut laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), SpaceX telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) untuk Starlink di Indonesia.

Untuk berlangganan Starlink, masyarakat perlu memiliki perangkat VSAT atau stasiun penerima sinyal. VSAT adalah antena berbentuk piringan dengan diameter kurang dari satu meter atau hingga empat meter, yang berfungsi menangkap dan menerima sinyal internet untuk disalurkan ke perangkat seperti ponsel dan komputer.

Berikut dua jenis VSAT yang ditawarkan oleh Starlink: 

  • VSAT yang digunakan oleh pelanggan yang bakal menetap di suatu lokasi seperti pelanggan di area perumahan. Harga VSAT ini adalah Rp7.800.000.
  • VSAT yang digunakan oleh pelanggan dengan mobilisasi tinggi, seperti digunakan untuk kapal yang aktif beroperasi di perairan. Harga VSAT ini adalah Rp43.721.590.

Baca Juga: Starlink dan Elon Musk Dapat Karpet Merah? Pakar Sebut Kebobolan Data Informasi Jadi Isu Penting

Cara Berlangganan Starlink di Indonesia

Bagi masyarakat yang tertarik menggunakan layanan internet Starlink, berikut adalah cara untuk memesan perangkat VSAT dan paket langganan Starlink Indonesia:

1. Kunjungi laman Starlink Indonesia (https://www.starlink.com/id).
2. Gulir halaman ke bawah dan isi kolom "Alamat Layanan" dengan "Indonesia".
3. Klik "Pesan Sekarang".
4. Halaman akan menampilkan ketersediaan Starlink di wilayah tersebut.
5. Lengkapi informasi kontak dan alamat pengiriman, kemudian klik "Perbarui Alamat Pengiriman".
6. Halaman situs akan memuat biaya layanan per bulan dan harga perangkat keras sesuai yang dipilih pengguna.
7. Situs juga akan menampilkan biaya pengiriman dan penanganan senilai Rp 345.000.
8. Selanjutnya, pilih "Melakukan Pesanan".



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x