Kompas TV TALKSHOW rosi

Kisah Xanana Gusmao soal Pinjaman Uang ke Bank Dunia hingga PM Jepang | Rosi

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 15:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menuturkan pernah mengajukan pinjaman uang ke bank dunia. Kala itu, ia diminta untuk melampirkan kuitansi sebagai kelengkapan administrasi laporan keuangan. Menurutnya hal itu sulit dilakukan, sebab uang tersebut telah digunakan untuk berbagai keperluan dan dialokasikan pada warga-warga di wilayah terpencil. 

Xanana juga pernah bertemu dengan mantan Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi. Koizumi akan meminjamkan uang padanya jika berjanji menjadi presiden pertama Timor Leste. Mendengar hal itu, Xanana kemudian menolak. Sebab, tujuannya memperjuangkan kemerdekaan bukanlah untuk menjadi presiden. 

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengatakan pasca-referendum Kemerdekaan Timor Timur di tahun 1999, proses rekonsiliasi bukan hanya dengan Indonesia melainkan dengan sesama warga. Maka, menurutnya lebih sulit untuk berdamai dengan masyarakatnya sendiri, daripada antara Timor Leste dengan Indonesia.

Xanana Gusmao muda dikenal sebagai gerilyawan kemerdekaan Timor Leste. Kala itu, Luhut Binsar Pandjaitan terlibat dalam operasi perebutan kota Dili. 

 

Selengkapnya simak dialog Rosianna Silalahi bersama Xanana Gusmao. Saksikan di kanal Youtube KompasTV. 


Link: https://www.youtube.com/watch?v=_ojbouE7gXY&t=1s



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x