Kompas TV TALKSHOW rosi

Pengamat: Ini Ketua KPK yang Paling Bermasalah | ROSI

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 14:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar surat panggilan Polda Metro Jaya kepada ajudan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Panji Harianto dan Heri yang merupakan sopir mentan. Keduanya diminta menghadap ke Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada 28 Agustus 2023 untuk dimintai keterangan dalam penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi oleh pimpinan KPK. Di sisi lain, Ketua KPK telah membantah isu tersebut. 

Praktisi hukum senior, Todung Mulya Lubis mengatakan tuduhan ini tidak bisa didiamkan. Apalagi sudah ada dua orang yang diperiksa terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK. Mulya mengatakan tidak pernah menemukan Ketua KPK yang diterpa isu demikian. Menurutnya, Ketua KPK periode saat ini yakni Firli Bahuri adalah yang paling bermasalah. 

Sampai saat ini belum ada rilis resmi dari KPK terkait penetapan tersangka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, sejak penggeledahan di rumah dinasnya, Kamis (28/9/2023). Dalam penggeledahan tersebut ditemukan uang tunai Rp30 miliar hingga 12 senjata api. Dari mana uang ini berasal? 

Todung Mulya Lubis menduga biasanya temuan uang dalam penggeledahan bukanlah bersumber dari gratifikasi, melainkan penyuapan dan pengadaan. Namun jika benar terjadinya jual beli jabatan hingga senilai Rp30 miliar, Mulya mengatakan ini adalah bentuk gratifikasi yang paling dahsyat. 

Mulya menambahkan temuan uang ini adalah bukti yang cukup bagi KPK untuk melakukan tindakan terhadap Mentan Yasin Limpo. Ia justru mempertanyakan mengapa KPK begitu takut mengambil langkah tegas. 

 

Selengkapnya simak dialog Rosianna Silalahi bersama praktisi hukum senior Todung Mulya Lubis dalam ROSI eps. Syahrul Yasin Limpo, Misteri Rp30 Miliar dan Dugaan Pemerasan. Saksikan di kanal youtube KompasTV.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x