Kompas TV TALKSHOW b-talk

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Deindustrialisasi | B-Talk

Kompas.tv - 8 November 2023, 14:45 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Jualan jualan jualan…, namanya bursa, gampangnya pasar, udah pasti kegiatannya jual dan beli. Kalau jualannya sama, pembelinya juga sama, yaudah pasti saling adu keunggulan, pakai bujukan, rayuan.. sampai janji. Aktivitas pasar ini adalah analogi bagi bursa pilpres yang makin riuh.

Urut kacang berdasarkan deklarasi dan pendaftaran ke KPU, Anies Imin. Paslon ini janji akan membuka lapangan pekerjaan sampai 15 juta lowongan dalam lima tahun memimpin.

Penciptaan lapangan kerja ini lebih “jualan” tentang bagaimana dunia kerja bisa match, alias jodoh dengan skill pekerja yang dibutuhkan. Vokasi menjadi “barang” dagangan pasangan Amin. Dengan hal tadi, diharapkan rasio pekerja informal juga menurun.

Geser ke Ganjar Mahfud, enggak mau kalah soal jumlah lapangan pekerjaan, lebih tinggi loh, sampai 17 juta lowongan.

Senjata yang akan dipakai adalah industrialisasi dan hilirisasi. Kenapa industrialisasi menjadi penting dan menjadi jualan paslon pilpres??? Karena sektor ini secara historikal menyerap banyak tenaga kerja alias padat karya.

Industrialisasi dianggap sebagai solusi menuntaskan pengangguran, gitu kan Pak Ganjar dan Pak Mahfud?

Paslon ketiga adalah Prabowo Gibran, enggak nyebut angka pasti berapa sih…, keduanya janji akan menciptakan berjuta lapangan pekerjaan, caranya? Ya mirip-mirip dengan paslon sebelah, yaitu hilirisasi dan industrialisasi, intinya, sama-sama menarik investasi yang padat modal.

 

Saksikan program talkshow Business Talk tayang setiap hari selasa, pukul 22.00 wib, hanya di KompasTV.

 

Saksikan selengkapnya di link berikut:

https://youtu.be/3CYMtErJW94?si=ULjwaQiLE7Gvi59A 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x