Kompas TV tekno gadget

Tahun Ini, iPhone Bakal Jadi Mesin Pembayaran Lewat Tap to Pay

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 13:00 WIB
tahun-ini-iphone-bakal-jadi-mesin-pembayaran-lewat-tap-to-pay
Apple bakal jadi mesin pembayaran di tahun ini lewat fitur Tap to Pay. (Sumber: Dok. Apple)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apple memperkenalkan fitur baru di iPhone bernama 'Tap to Pay'. Lewat fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan iPhone mereka.

Fitur 'Tap to Pay' memungkinkan pengguna untuk menerima pembayaran dari Apple Pay, kartu kredit, debit tanpa kontak, dan dompet digital lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tak butuh lagi perangkat keras tambahan atau terminal pembayaran yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apple Rilis Emoji Pria Hamil, Apa Alasannya?

Rencananya, 'Tap to Pay' akan diluncurkan akhir tahun ini. Apple akan menyediakan platform pembayaran yang akan diintegrasikan ke dalam apliasi iOS.

Layanan fintech 'Stripe' akan menjadi platform pembayaran pertama yang menawarkan 'Tap to Pay' di iPhone, termasuk aplikasi 'Point of Sale Shopify'. Apple bakal menambah aplikasi pembayaran lainnya.

Wakil Presiden Apple untuk Apple Pay dan Apple Wallet, Jennifer Bailey mengatakan, fitur ini akan memberikan cara berbisnis yang aman dan mudah.

“Semakin banyak konsumen yang mengetuk utnuk membayar dengan dompet digital dan kartu kredit, Tap to Pay iPhone akan memberi bisnis cara yang aman, pribadi, dan mudah untuk menerima pembayaran,” kata Bailey, mengutip laman resmi apple.com, Rabu (9/2/2022).

Jennifer Bailey bilang bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan platform pembayaran lain agar pengguna dapat menggunakan satu perangkat dalam semua jenis pembayaran.

Baca Juga: Makin Ramping, Apple Bakal Produksi iPhone Tanpa Slot Kartu SIM?

Cara menggunakan Tap to Pay iPhone

Segera setelah Tap to Pay tersedia, pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan pembayaran tanpa kontak.

Penjual akan membuka kunci penerimaan pembayaran di aplikasi iOS dan meminta pelanggan untuk menghidupkan iPhone atau Apple Watch mereka untuk membayar lewat Apple Pay, kartu kredit, atau dompet digital.

Pembayaran ini diklaim aman karena menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Selain itu, penggunana Tap to Pay juga didukung dengan enkripsi Secure Element sehingga Apple tidak akan mengetahui aktivitas pembayaran penggunanya.

Baca Juga: Tim Cook Sarankan Pengguna Apple Beli Android, Ini Alasannya



Sumber : apple.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x