Kompas TV video sinau

Sukarno hingga Fidel Castro, Berikut Deretan Pemimpin Negara yang Pernah Alami Ancaman Pembunuhan

Kompas.tv - 20 Maret 2022, 18:35 WIB
Penulis : Arief Rahman

Amerika Serikat jadi negara dengan tingkat percobaan pembunuhan presiden yang cukup tinggi. Ada empat Presiden AS yang terbunuh saat menjabat yaitu Abraham Lincoln, James A. Garfield, William McKinley, John F. Kennedy

Sementara itu, ada tujuh Presiden AS yang pernah alami ancaman pembunuhan. Mereka adalah Richard Nixon, Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W. Bush, Bill Clinton, Barrack Obama, hingga Donald Trump.

Bagaimana di negara lain?

Sejak awal memimpin Kuba, Fidel Castro sudah lebih dari 600 kali menghadapi percobaan pembunuhan terhadap dirinya.

Tahun 2018, aparat keamanan Malaysia menahan tujuh anggota ISIS yang mengancam akan membunuh Raja Muhammad V dan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Sementara pada Agustus 2016, Kanselir Jerman, Angela Merkel, sempat mengalami percobaan pembunuhan ketika berkunjung ke Praha, Republik Ceko.

Ketika Uni Soviet belum pecah, Vladimir Lenin mengalami dua kali percobaan pembunuhan, yakni pada 1 Januari 1918 dan 30 Agustus 1918.

Joseph Stalin juga dua kali mengalami percobaan pembunuhan di waktu yang berbeda. Kedua pelakunya adalah para perwira yang membelot. Mereka bernama Genrikh Lyushkov dan Savely Dmitriev.

Di Indonesia, Presiden Sukarno nyaris terkena ledakan granat di Sekolah Rakjat Tjikini atau Perguruan Cikini (Percik) pada 30 November 1957.

Pada Minggu, 12 Mei 2019, Polda Metro Jaya menangkap pria berinisial HS karena terbukti melakukan ancaman pembunuhan terhadap Presiden Jokowi ketika aksi di depan Kantor Bawaslu.




Sumber : Tirto.id, NBC News, Atlas Obscura, New York Times, Telegraph, CNN, The Guardian, Russian Today

BERITA LAINNYA



Close Ads x