Kompas TV video vod

Datangi Rumah Warga Satu per Satu, Polisi Jemput Para Balita untuk Periksa Kesehatan di Posyandu!

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 17:47 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JEMBER, KOMPAS.TV - Sejumlah anggota kepolisian dari Sektor Patrang, Jember, Jawa Timur, mendatangi satu per satu rumah warga.

Namun bukan untuk mencari pelaku kejahatan, melainkan untuk menjemput para balita untuk datang ke posyandu dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Karena itu, agar tidak menakutkan bagi anak-anak, para anggota polisi yang menjemput pun menggunakan ikat kepala yang biasanya digunakan untuk pesta ulang tahun anak.

Layanan jemput bola ini dilakukan oleh kepolisian bagi warga yang rumahnya jauh dari posyandu dan agar tidak ketinggalan gelaran bulan timbang balita, yang meliputi layanan imunisasi, timbang badan, ukur tinggi badan hingga edukasi kesehatan kepada para orang tua.

Baca Juga: Pemkot Semarang Bangun Daycare untuk Tangani Stunting

Polisi membantu petugas kesehatan sebagai tim pendamping dan penghibur anak-anak.

Meski menggunakan pakaian polisi, atribut layaknya pesta ulang tahun ini, dinilai orang tua sangat membantu anak-anak untuk mau bermain di posyandu.

Di bulan timbang balita, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menargetkan sebanyak 173 ribu anak usia di bawah 5 tahun, serentak akan diperiksa dan dilakukan di 31 kecamatan yang tersebar di sejumlah posyandu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x