Kompas TV video news or hoax

Daun Kitolod Sembuhkan Penyakit Katarak | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 14:17 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Beredar informasi kesehatan dengan narasi daun kitolod dapat menyembuhkan katarak dan mata minus. Caranya dengan rutin meminum air rebusan daun kitolod dua kali sehari.

Namun setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar tidak benar atau hoaks. Dilansir dari kompas.com, Hippobroma Longiflora atau tanaman kitolod memang berkhasiat, tetapi manfaatnya disalahpahami.

Hoaks soal kitolod untuk menyembuhkan katarak dan mata minus pun telah lama beredar.  Sejumlah penelitian terkait manfaat tanaman kitolod telah dilakukan. Penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor menunjukkan, kitolod mengandung senyawa alkaloid, lipofilik, terpenoid, fenolat, dan flavonoid.

Lalu, dikutip dari Medicinal Plants Of The Asia-Pacific Tahun 2006 yang ditulis Christophe Wiart, Tumbukan daun kitolod kerap digunakan sebagai obat yang dioleskan pada gigi yang sakit. Sedikit getah kitolod yang terkena mata justru berpotensi menyebabkan kebutaan.

Dalam dosis yang lebih besar, racun dari kitolod dapat menyebabkan muntah, kelumpuhan otot, detak jantung yang cepat dan lemah, serta pernapasan yang tidak teratur.

Jadi video dengan narasi daun kitolod dapat menyembuhkan katarak dan mata minus adalah info yang menyesatkan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x