Kompas TV video vod

Populasi Macan Tutul Jawa di Taman Nasional Meru Betiri Meningkat

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 17:52 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JEMBER, KOMPAS.TV - Kabar baik datang dari Taman Nasional Meru Betiri, Jember, Jawa Timur yang telah merekam peningkatan populasi hewan dilindungi, macan tutul jawa.

Aktivitas 22 ekor macan tutul di taman nasional ini, terpantau oleh petugas.

Populasi macan tutul jawa di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Jember, Jawa Timur mengalami peningkatan sejak periode lima tahun terakhir.

Dalam rekaman kamera trap atau perangkat milik Balai Taman Nasional Meru Betiri yang dipasang di titik lokasi populasi Macan Tutul Jawa, terlihat 34 ekor macan tutul jawa.

Dari 34 ekor macan tutul jawa, ada 22 ekor macan tutul jawa berhasil diidentifikasi berdasarkan pola dan corak tutul pada kulitnya.

Bahkan, salah satu rekaman memperlihatkan dua ekor macan tutul mempunyai ukuran besar dan kecil yang diduga merupakan induk dan anakan yang belum lama dilahirkan.

Peningkatan populasi ini dampak dari edukasi kepada masyarakat sekitar hutan tentang pentingnya menjaga kelestarian habitat Macan Tutul Jawa, termasuk beragam jenis hewan lain yang menjadi satwa mangsa macan tutul jawa.

Selain di lokasi populasi Macan Tutul Jawa, pihaknya akan menambah pemasangan kamera trap atau perangkap di titik lain untuk mengetahui tingkat penyebaran, termasuk pertumbuhan anak Macan Tutul Jawa.

Balai Taman Nasional Taman Nasional Meru Betiri akan terus melakukan pengawasan perkembangbiakan macan tutul jawa, termasuk mempelajari perilakunya di hutan dengan luas 52 ribu hektar tersebut. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x