Kompas TV video vod

Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Indonesia Meriahkan HUT ke-78 RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 15:05 WIB
Penulis : Dea Davina

KOMPAS.TV - Bendera Merah Putih berkibar di bawah laut di kawasan Pulau Sinyaru, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang.

40 penyelam dari Polda Sumatera Barat, TNI, dan kantor Basarnas Padang, menyelam ke kedalaman 30 meter untuk melaksanakan upacara bawah laut.

Pulau Sinyaru dipilih jadi tempat upacara, lantaran merupakan salah satu destinasi wisata bawah laut terbaik di Kota Padang, dengan arus bawah lautnya yang tenang.

Ini juga jadi bentuk kecintaan Tanah Air Indonesia, dan perwujudan soliditas TNI-Polri dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Tak hanya di Padang, Kantor Pencarian dan Pertolongan, atau Basarnas Nias, Sumatera Utara, juga menggelar upacara bendera di dasar laut Perairan Tureloto, Kabupaten Nias Utara.

Baca Juga: Bentangkan Bendera Raksasa di Lereng Grasberg, PT Freeport Raih Rekor Dunia!

15 penyelam memulai parade dengan membawa Bendera Merah Putih dan melakukan upacara bawah laut di kedalaman 20 meter.

Selain memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-78 RI, parade ini juga mengenalkan keindahan bawah laut Tureloto untuk wisata snorkeling.

Sementara itu di ujung timur Indonesia, Bendera Merah Putih juga berkibar di Perairan Tanjung Saoka, Kota Sorong, Papua Barat.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya juga dikumandangkan, untuk mengiringi pengibaran merah putih di bawah laut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut Koarmada III, untuk menunjukkan keindahan laut Papua Barat, dan menjaga kedaulatan laut Indonesia.

Tak mau ketinggalan, beragam komunitas pecinta alam dan konservasi Indonesia, juga ikut memeriahkan acara kemerdekaan.

Di Kampung Namatota, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, warga bersama personel Polres Kaimana, dan komunitas pecinta alam sinara dan konservasi Indonesia, menyelam ke kedalaman 15 meter untuk mengibarkan bendera di bawah laut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x