Kompas TV video vod

Pementasan Wayang Kulit Dalam HUT ke-78 Mahkamah Agung - MA NEWS

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 10:35 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahkamah Agung mengadakan pergelaran wayang kulit.

Sebagai penutup rangkaian perayaan HUT ke-78 Mahkamah Agung.

Pagelaran wayang kulit yang mengusung lakon "Semar Mbangun Khayangan", digelar di halaman utama Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, pada 25 Agustus 2023.

Pagelaran wayang kulit dimulai dengan penyerahan tokoh pewayangan oleh Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Sunarto, kepada para dalang.

Para dalang wayang kulit yang pentas diantaranya, Dalang Ki Yanto, Ki Sri Kuncoro, Ki Bayu Aji dan Ki Harso Widisantoso.

Lakon berjudul Semar Mbangun Khayangan mengisahkan tentang seorang tokoh pewayangan bernama Semar, yang membangun khayangan.

Namun khayangan yang dimaksud bukan istana yang megah, melainkan sebuah falsafah yang bertujuan untuk mengembalikan sikap para pemimpin agar lebih mengutamakan kepentingan rakyat, untuk tercapai tujuan dalam menciptakan negeri adil, makmur, dan sejahtera.

Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin menyatakan, pementasan wayang kulit bertujuan melestarikan warisan leluhur dan budaya bangsa indonesia.

M Syarifuddin juga berharap pagelaran wayang kulit dapat memberikan hiburan, sekaligus pesan moral yang dapat dijadikan teladan bagi masyarakat terutama generasi milenial, untuk bersama-sama membangun bangsa.

Acara pagelaran wayang kulit dihadiri sejumlah tokoh, seperti Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Anas, dan Ketua Ombudsman Mokhammad Najih.

Begitu juga jajaran Ketua Kamar dan Hakim Agung Mahkamah Agung, jajaran pejabat Mahkamah Agung, dan pejabat kementerian.

Pementasan wayang kulit ini terbuka untuk masyarakat umum, sehingga para penonton memenuhi area pertunjukan.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x