Kompas TV video vod

Kontestasi Pilpres 2024, Komitmen Menjaga Amanah Reformasi Harus Diutamakan

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 21:21 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua pasang capres cawapres sudah mendaftar ke KPU dan telah menjalani tes kesehatan, mereka adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Partai Nasdem, PKB dan PKS serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung PDIP, PPP, Hanura, juga Perindo. Sementara hingga saat ini, kandidat capres Prabowo Subianto belum mendaftar ke KPU.

Proses pendaftaran peserta pilpres di KPU jadi penanda dimulainya kontestasi berebut kursi nomor 1 di negara ini. KPU membuka pendaftaran peserta pilpres mulai dari 19 Oktober 2023 hingga 25 Oktober 2023.

Setelah pendaftaran, para peserta akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemerintah melalui Presiden mengingaktan agar masyarakat bisa menjaga kualitas demokrasi dalam pemilu ini dengan tidak menjelekkan satu sama lain. 

Baca Juga: Begini Respons Jubir TPN Ganjar Soal Pasangan Prabowo-Gibran

Partai politik dan peserta pilpres mulai bisa berlomba mengatur strategi meraih simpati. Namun yang jelas jangan dilupakan bagaimana pun visi misi dan program yang ditawarkan, komitmen soal menjaga amanah reformasi harus diutamakan. 

Korupsi, kolusi dan nepotisme harus jadi agenda utama yang diberantas menjaga kualitas demokrasi. Yang juga tak boleh abai adalah taat konstitusi, hindari upaya melanggengkan kekuasaan dengan cara yang mencederai norma hukum.

Hiruk pikuk pemilu dan pilpres yang mulai memanas ini diharapkan bukan hanya sekedar seremoni demi memuaskan hasrat merebut kekuasaan, tapi lebih jauh dari itu harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi yang terjaga, pendidikan yang merata dan penegakkan hukum yang berkeadilan.

Baca Juga: Cerita Mahfud MD Usai Jalani Tes Kesehatan Hingga Izin Cuti ke Jokowi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x