Kompas TV video vod

Ritual Arawarai oleh Suku Kanum di Wilayah Perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini

Kompas.tv - 16 Desember 2023, 17:34 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MERAUKE, KOMPAS.TV - Suku Kanum merupakan suku yang mendiami di wilayah perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini.

Suku Kanum memiliki sebuah budaya yang dikenal dengan Ritual Arawarai. Ritual Arawarai merupakan pengumpulan makanan lokal untuk bermusyawarah.

Karena berada di perbatasan, Suku Kanum ada yang merupakan  warga negara Papua Nugini dan sebagian lagi Warga Negara Indonesia.

Ritual Arawarai biasanya  dilakukan   dengan pengumpulan  makanan  dan tanaman lokal oleh Suku Kanum untuk menggelar sebuah agenda atau  musyawarah penting, baik  itu musyawarah antar sesama Suku Kanum maupun dengan Pemerintah Daerah.

Musyawarah sesama Suku Kanum biasanya membahas persoalan  penting dan mencari solusi.

Kepada Pemerintah, musyawarah  bersifat kesepakatan berupa perhatian pemerintah kepada Suku Kanum, utamanya perhatian dalam bentuk pembangunan  bagi Suku Kanum.

Pengumpulan sejumlah tanaman lokal seperti kumbili, tebu dan pisang dilakukan  dalam sebuah tempat yang dibuat khusus yang dikenal dengan nama lokal Naimo dan Pa Ante.

Setelah ritual selesai, tanaman kembali diberikan kepada seluruh warga termasuk pemerintah sebagai tanda menerima hasil musyawarah sekaligus sebagai bekal pulang saat perjalanan kembali ke kampung masing-masing.

Pelaksanaan ritual  juga diselingi dengan sejumlah tarian tarian yang menggambarkan napak tilas perjalanan para leluhur dan tarian yang menggambarkan aktivitas keseharian Suku Kanum.

Dalam ritual Budaya Arawarai  ini, minuman adat yang dibebut wati  dan babi menjadi salah satu syarat pelaksanaan ritual dianggap sah.

Menurut tokoh adat, Suku Kanum tersebar di 12 kampung di Negara  Papua Nugini  dan 8 kampung di Indonesia. 

Baca Juga: Cegah Covid-19, Dinkes Kembali Terapkan Prokes di Pintu Masuk dan Keluar Papua Selatan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x