Kompas TV video vod

Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam Diprediksi Akan Terus Naik Hingga Awal Bulan Puasa

Kompas.tv - 5 Maret 2024, 16:36 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Sepekan menjelang bulan ramadan, sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, seperti daging ayam di Pasar Tradisional Kebon Agung, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pedagang daging ayam menjelaskan dalam waktu sepekan ini harga daging ayam terus mengalami kenaikan yang diikuti dengan meningkatnya jumlah konsumsi masyarakat.

Sebelumnya harga ayam hanya Rp 31.000 hingga Rp32.000 per kilogramnya, namun saat ini mencapai Rp 36.000 hingga Rp 37.000 per kilogramnya.

Meski harga daging ayam terus mengalami kenaikan, namun karena jumlah permintaan juga ikut naik, maka pedagang pun menambah stok daging ayam, yakni dari biasanya 200 kilogram menjadi 300 hingga 400 kilogram per hari.

Lonjakan harga daging ayam juga terjadi di Pasar Wage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Para pedagang kini menjual daging ayam dengan harga Rp 40.000 per kilogram, padahal sebelumnya harganya masih di angka Rp 32.000 hingga Rp 35.000.

Dampak naiknya harga daging ayam dirasakan oleh para pedangang.

Meskipun masih ada pembeli, tetapi untung yang didapat pedagang sangat tipis. Hal itu karena untuk mengambil ayam dari suplier saja, harganya sudah tinggi.

Menurut pedagang ayam, harga daging ayam masih dapat naik lagi di masa menjelang ramadan hingga lebaran nanti.

Selanjutnya harga akan berangsur turun di pertengahan bulan puasa.

Baca Juga: Harga Beras Di Gowa Naik 2 Ribu Rupiah Jelang Ramadan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x