Kompas TV video vod

Fakta Sisi Gelap "Student Loan" Saat Kenaikan UKT di Universitas Makin Parah!

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 11:40 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah dan otoritas jasa keuangan menggulirkan kembali opsi pinjaman khusus bagi mahasiswa atau student loan berbunga rendah.

Gagasan ini diharapkan menjadi solusi atas polemik kenaikan UKT di perguruan tinggi negeri yang kini menjadi perhatian masyarakat luas.

Jika "student loan" menjadi opsi, Amerika Serikat adalah negara yang sudah dan masih menjalankan skema biaya pendidikan ini. 

Memang menjadi solusi mahasiswa lulus universitas, tetapi ternyata ada sisi gelap yang sampai saat ini Presiden Joe Biden pun belum punya solusi.

Perubahan tarif atau tepatnya kenaikan UKT inilah yang akhirnya diprotes oleh mahasiswa. Muncullah ide "student loan" atau dalam bahasa indonesianya biaya pendidikan, sederhananya lagi utang untuk bayar kuliah.

Kami kutip dari Kompas.id yang bersumber dari Kajian Smeru, opsi pertama pinjaman berbasis "mortgage" atau kredit jangka panjang dengan hak tanggungan. Dalam sistem ini, tenor pembayaran sudah ditetapkan sejak awal tipe pinjaman ini biasanya lebih memberatkan dengan potensi gagal bayar yang lebih besar.

Kedua, sistem pinjaman berbasis pendapatan atau Income Contigen Loan. Dalam skema ini, pembayaran cicilan disesuaikan dengan level pendapatan mahasiswa setelah lulus. Mahasiswa baru mulai membayar pinjaman setelah pendapatannya mencapai level tertentu. Semakin kecil gajinya, semakin kecil pula cicilan yang ditanggung, demikian pula sebaliknya.

Student loan di AS punya sisi gelap yang dampaknya domino bagi negara dan bagi yang pinjam.

Faktanya 70% mahasiswa AS lulus dengan utang pendidikan. Ada 44 juta warga yang sekolah di universitas lewat jalur utang. 

Total nilai utang mereka adalah 1,4 triliun dollar AS atau setara Rp 22.000 Triliun. Ini lebih dari PDB Indonesia yang tahun kemarin Rp 20.000 triliunan. PDB Indonesia kalah besar dibanding utang mahasiswa AS, bahkan survei citizens financial group bilang 60 persen mahasiswa ini melunasi utang biaya sekolah di usia 40 tahunan.

#studentloan #uktmahal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x