Kompas TV video vod

Daftar Pemimpin Negara Tewas akibat Kecelakaan Udara: Terbaru Presiden Iran - KOLASE

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 10:08 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPASTV - Presiden Iran Menambah Daftar Pemimpin Tewas akibat Kecelakaan Udara. ON CAM

Kecelakaan helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Minggu (19/5/2024) memperpanjang daftar pemimpin dunia yang tewas dalam kecelakaan udara. Sejak 1936, ada belasan tokoh tewas dalam kecelakaan transportasi udara.

Salah satu kecelakaan dialami mantan Perdana Menteri Swedia Arvid Lindman (74). Ia tewas karena pesawatnya jatuh dalam penerbangan menuju Amsterdam, Belanda, pada 9 Desember 1936.

Polandia juga pernah kehilangan kepala pemerintahan pengasingan selama Perang Dunia II, Wladyslaw Sikorski (62). 

Pada 4 Juli 1943, pesawatnya jatuh di Gibraltar. Pesawat liberator yang ditumpangi Sikorski jatuh 16 detik setelah lepas landas.

Adapun Presiden Ramon Magsaysay (50) dari Filipina yang meninggal akibat kecelakaan pada 17 Maret 1957. Pesawat Kepresidenan Filipina yang dinaikinya jatuh di Gunung Manunggal di Balamban, Cebu.

Dikutip dari media Filipina, GMA, Magsaysay sedang dalam perjalanan kembali ke Manila setelah memberikan ceramah di Cebu. Ia terbang bersama 25 orang lainnya. Hanya satu korban selamat, seorang wartawan yang selanjutnya menuliskan peristiwa itu dalam sebuah buku.

kejadian tewas dalam kecelakaan udara juga menimpa Dag Hammarskjold (56). Sekretaris Jenderal kedua Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu meninggal setelah pesawat yang ia tumpangi, Albertina, jatuh di Rhodesia Utara (sekarang Zambia) pada 18 September 1961. Saat itu ia tengah dalam perjalanan ke perundingan gencatan senjata di Kongo.

Content Creator: Fauzan Muhammad Al Hazmi D

esain Grafis: Farhan

Baca Juga: Iran Setujui 6 Kandidat untuk Pemilihan Presiden Menggantikan Raisi, Ahmadinejad Kembali Diblokir

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x