Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan Lifebuoy

Sukses Bikin Mewek, Iklan Ramadan 2023 Ini Hadirkan Pesan Ibu untuk Si Kecil

Kompas.tv - 19 April 2023, 16:00 WIB
sukses-bikin-mewek-iklan-ramadan-2023-ini-hadirkan-pesan-ibu-untuk-si-kecil
Terinspirasi dari kuatnya Ibu yang menjadi akar kekuatan seiring anaknya bertumbuh dewasa, Lifebuoy Shampoo menghadirkan kampanye Ramadan: Akar Kuat di Bulan Suci. (Sumber: Dok. Lifebuoy Shampoo)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Tidak jarang orang merasa sebal dengan kehadiran iklan, terlebih iklan berdurasi panjang yang tayang di saat sedang menonton tayangan favorit.

Hal tersebut tentu saja membuat brand harus putar otak menciptakan iklan menarik yang memorable dan memancing rasa penasaran penonton. 

Tahun ini, Lifebuoy Shampoo menghadirkan iklan edisi Ramadan yang sempat ramai jadi perbincangan di dunia maya. 

Sekilas, iklan ini terlihat sederhana karena menggambarkan interaksi antara seorang ibu dengan anak perempuannya. Siapa sangka, iklan ini dikemas dalam balutan storytelling yang mampu mengaduk-aduk perasaan para penonton.

Terinspirasi dari kuatnya Ibu yang menjadi akar kekuatan seiring anaknya bertumbuh dewasa, Lifebuoy Shampoo menghadirkan kampanye Ramadan "Akar Kuat di Bulan Suci".

Iklan yang sudah ditonton sebanyak lebih dari 16 juta kali sejak tayang 24 Maret 2023 ini memiliki alur cerita yang relate dengan banyak orang, terutama di bulan Ramadan. 

Banyak orang menjadikan bulan Ramadan sebagai momen untuk merenung dan bermuhasabah. Bagi individu yang tengah menghadapi cobaan, tentunya bulan Ramadan seolah menjadi momen tepat untuk menguatkan diri seperti tergambar dalam iklan ini.

Kesan awal yang ditampilkan permulaan iklan mungkin terlihat klise untuk sebuah iklan sampo, yaitu adegan seorang ibu menyisiri rambut anak perempuannya. Sang ibu berpesan pada anaknya untuk selalu kuat dalam menghadapi berbagai rintangan seiring bertambahnya usia. 

Awalnya, anak perempuan belum memahami sepenuhnya nasihat sang ibu dalam memaknai arti “kuat”. Di sisi lain, kata “kuat” sebagai product value Lifebuoy Shampoo diselipkan secara alami tanpa terkesan ‘menjejali’ penonton.

Adegan beranjak ketika si anak pergi ke pasar untuk berbelanja dan melihat anak lain yang tengah makan di siang hari saat bulan Ramadan. Anak perempuan itu langsung teringat pesan ibu untuk selalu ‘kuat’ dan melanjutkan puasanya.

Adegan tersebut mungkin tidak asing lagi bagi sebagian besar penonton, terutama para ibu. Anak-anak yang sedang mencoba berpuasa mungkin masih memerlukan dukungan dari orang tuanya dalam menahan godaan. Relate dengan keseharian kita, ‘kan?

Tak ketinggalan, di bagian akhir iklan terdapat plot twist yang siap menguras emosi para penonton sehingga sayang bila dilewatkan.

Iklan ini menuai beragam komentar positif serta kerap dibagikan di berbagai media sosial. Bahkan, banyak orang yang justru sukarela menonton iklan berdurasi 3 menit ini tanpa dilewatkan sedetik pun.

“Inspiratif, Ibu yang kuat adalah fondasi buat menjadikan anak-anak kita kuat,” komentar Sri Kusnadi,

"Gak nyesel nonton iklan Lifebuoy yang ini. Masya Allah ceritanya bagus & deliverynya dapet huhu endingnya malah plot twist tapi ngena banget," kata Gesha Agya Bestari.

“Ya Allah, niat iseng liat malah sesenggukan mbrebes mili ,” tulis Sekar Azni.

Kata “akar” dan “kuat” yang diselipkan secara apik sebagai pesan ibu di sini sekaligus menggambarkan keunggulan produk Lifebuoy Shampoo Perawatan Rambut Rontok yang diperkaya MilkNutriStrong dan Aloe Vera yang dapat menguatkan rambut keluargamu dari akarnya.

Tidak hanya kuat berpuasa, iklan ini seolah mengajak kita untuk selalu kuat dalam berbagai situasi. Sama seperti peran ibu dalam menjadi akar kekuatan anak-anaknya, Lifebuoy Shampoo berperan membantu Ibu Indonesia menjaga kekuatan rambut keluarga Indonesia.

Nah, sudah siap dibuat terharu oleh pesan sang ibu untuk anaknya? Yuk, tonton selengkapnya di tautan berikut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x