Kompas TV advertorial
advertorial

Mengenal Jalur Masuk Universitas untuk Siswa SMA Tahun 2023

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 14:00 WIB
mengenal-jalur-masuk-universitas-untuk-siswa-sma-tahun-2023

Ilustrasi siswi SMA (Sumber: Dok. Shutterstock)

Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Masuk ke perguruan tinggi merupakan salah satu tujuan banyak siswa di Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas. Ada beberapa jalur yang dapat dipilih oleh siswa untuk masuk ke perguruan tinggi, di antaranya jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri universitas. 

Jalur seleksi nasional seperti SBMPTN adalah jalur seleksi yang paling diminati oleh siswa-siswa di Indonesia karena dapat memberikan kesempatan yang lebih adil dalam persaingan masuk perguruan tinggi negeri.

Namun, siswa juga dapat memilih jalur seleksi ujian masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan secara mandiri oleh perguruan tinggi tertentu.

Pada jalur seleksi mandiri, siswa harus mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. 

Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan pilihan jalur seleksi yang tepat dan memperoleh informasi terkait persyaratan dan tahapan seleksi pada jalur yang dipilih.

 

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi yang dilakukan secara nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa yang telah lulus SMA/MA/sederajat pada tahun yang sama dengan seleksi.

Seleksi yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) diolah berdasarkan prestasi akademik siswa.

 

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

SBMPTN merupakan jalur seleksi bersama yang dilakukan secara nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. 

Seleksi ini terbuka untuk siswa yang telah lulus SMA/MA/sederajat pada tahun yang sama dengan seleksi dan memenuhi kriteria yang ditentukan.

 

Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN)

SMPTN merupakan jalur seleksi mandiri yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.  Seleksi ini terbuka untuk siswa yang telah lulus SMA/MA/sederajat pada tahun yang sama dengan seleksi dan memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perguruan tinggi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x