> >

Terapi Cuci Hidung dapat Tingkatkan Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi, Begini Caranya

Tips, trik, dan tutorial | 21 Oktober 2021, 19:54 WIB
Terapi cuci hidung dapat tingkatkan kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19. (Sumber: Shutterstock/Kleber Cordeiro)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terapi cuci hidung dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) Hemastia Manuhara mengatakan terapi cuci hidung yang dilakukan sehari-hari memiliki banyak manfaat salah satunya yakni untuk mencegah dari terpapar virus Sars-Cov-2 (Covid-19). 

Dia mengatakan, di masa pandemi COVID-19, virus kerap bersarang di nasofaring atau dekat dengan saraf penciuman manusia.

Sehingga jika hidung dibersihkan secara rutin dengan terapi cuci hidung, maka potensi infeksi yang disebabkan oleh virus bisa semakin kecil.

“Bukan hanya berguna untuk pencegahan, terapi cuci hidung juga berguna bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala dengan masalah penciuman atau pun pernafasan terkait hidung,” kata Hemastia yang dikutip dari laman covid19.go.id, Kamis (21/10/201). 

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) ini menuturkan, dengan terapi cuci hidung secara perlahan indra penciuman yang hilang atau anosmia dapat kembali normal seperti sedia kala.

“Bagi penderita Covid-19 pentingnya mencuci hidung agar bagian belakang hidung atau rongga hidung dikenal juga sebagai nasofaring ini dapat bersih dan tidak ada penumpukan lendir yang mengering,” jelasnya. 

Menurut penjelasannya, proses terapi hidung merupakan proses mengalirkan cairan isotonik dari satu lubang hidung dan kemudian dikeluarkan ke rongga hidung lainnya.

Hal ini, kata Hemastia dapat terjadi karena rongga hidung manusia berbentuk seperti saluran atau letter U terbalik.

Baca Juga: Dokter: Kebiasaan Cuci Hidung Itu Baik, Tapi Harus Gunakan Larutan yang Dianjurkan

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU