> >

Viral, Sebut Perempuan Cocok di Dapur , Burger King Akui untuk Soroti Ketimpangan Gender

Kompas dunia | 8 Maret 2021, 21:57 WIB
Ilustrasi koki perempuan memasak. (Sumber: KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTI)

LONDON, KOMPAS.TV - Sebuah akun media sosial Burger King mendapat banyak kritik karena pernyataan “seksis”. Pihak Burger King mengaku, pernyataan itu untuk menyoroti sedikitnya jumlah koki perempuan.

Melalui akun Twitter @BurgerKingUK, Burger King mengeluarkan pernyataan soal perempuan. Pernyataan ini keluar bertepatan dengan perayaan Hari Perempuan Internasional pada Senin (8/3/2021).

“Perempuan cocok di dapur,” tulis Burger King.

Tak lama, cuitan kontroversial itu disambung dengan cuitan lain sebagai penjelas.

Baca Juga: Mengenal Clara Zetkin, Pelopor dan Tokoh di Balik Hari Perempuan Internasional

“Jika mereka mau, tentu saja. Namun hanya 20% koki adalah perempuan. Kami memiliki misi untuk mengubah rasio gender di industri restoran dengan memberdayakan karyawan perempuan dengan kesempatan untuk mengejar karir kuliner,” tambah pihak Burger King.

Namun, cuitan pertama kadung ditelan warganet. Warganet telah menyukai cuitan itu sebanyak 189 ribu dan me-retweet sebanyak 111 ribu. Sementara, cuitan kedua hanya mendapat 39,5 ribu suka dan 7,5 retweet. 

Warganet ramai mengkritisi cuitan pertama karena terlihat memandang rendah perempuan atau misoginistis. Mereka juga menyebut, usaha kampanye pemberdayaan perempuan itu gagal karena menempatkan perempuan sebagai bahan menarik perhatian.

Viviane Hayes, pemimpin eksekutif Pusat Sumber Daya Perempuan mengatakan, upaya semacam ini oleh korporat membuat pemberdayaan hak perempuan jadi kehilangan maknanya.

Baca Juga: Belajar Otodidak Tanpa Sekolah Resmi, Pria di Gunungkidul Ini Ubah Sedan Lawas Jadi Lamborgini Mewah

Penulis : Ahmad-Zuhad

Sumber : Kompas TV


TERBARU