> >

Apa Itu Virus B dan Gejalanya, Serang Pria hingga Kritis di Hong Kong

Kompas dunia | 7 April 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi virus N (Sumber: Dok. Kementerian Kesehatan)

HONG KONG, KOMPSA.TV - Seorang pria berusia 37 tahun dilaporkan positif terinfeksi virus B setelah diserang oleh seekor monyet di Kam Shan Country Park, Hong Kong. Pasien saat ini berada dalam kondisi kritis dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Yan Chai.

Beberapa minggu setelah insiden, pria itu dirujuk ke rumah sakit pada 21 Maret 2024 karena mengalami demam dan penurunan kesadaran.

Laporan Taipei Times, Jumat (5/4/2024) hasil pemeriksaan laboratorium oleh Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong menyatakan bahwa pasien tersebut positif terinfeksi virus B.

Baca Juga: Hingga Maret, Terdapat 10 Pasien Terjangkit Virus Flu Singapura di Depok!

Saat ini Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong tengah menyelidiki kasus tersebut dan mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk menghindari menyentuh atau memberi makan monyet liar.

Selain itu, pihak berwenang juga mengimbau agar siapa pun yang terluka oleh monyet segera mencari pertolongan medis.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sebut Banyak Pemain yang Sakit Terserang Virus

Apa Itu Virus B?

Pertama kali teridentifikasi pada 1932, Virus B, yang juga dikenal sebagai virus herpes simiae, merupakan penyakit yang jarang terjadi namun memiliki potensi kematian yang tinggi. Selama puluhan tahun terakhir, hanya sekitar 50 orang yang tercatat terinfeksi virus ini di seluruh dunia, dan 21 di antaranya meninggal dunia.

Gejala yang dapat muncul akibat infeksi virus B sangat bervariasi. Dalam rentang waktu 30 hari setelah terpapar, pasien umumnya akan mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, serta sakit kepala. Selain itu, luka lepuh kecil juga bisa muncul pada bagian tubuh yang kontak langsung dengan monyet.

Baca Juga: Terus Bertambah, 138 Sapi di Lumajang Terjangkit Virus "Lumpy Skin Disease", Miliki Gejala ini

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU