> >

Sebut Bjorka Tak Ahli Bobol Data, Mahfud MD Ungkap Alasan Dibentuk Satgas: Untuk Hati-hati

Peristiwa | 14 September 2022, 11:36 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Sumber: Kemenko Polhukam )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah telah membentuk satuan tugas agar lebih hati-hati dalam manjaga data rahasia negara.

Meskipun, Mahfud MD menegaskan tidak ada rahasia negara yang dibocorkan oleh hacker Bjorka, karena menurutnya Bjorka tidak mempunyai keahlian itu.

Dalam keterangannya, Mahfud MD membeberkan setidaknya ada dua alasan yang membuat pemerintah menilai perlu membentuk satuan tugas.

“Kita membuat Satgas untuk lebih berhati-hati karena dua hal, (pertama -red) karena peristiwa ini mengingatkan kita agar kita memang membangun sistem yang lebih canggih,” kata Mahfud MD dalam Breaking News KOMPAS TV, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan Era Jokowi Tidak Ada Rahasia Negara Bocor: Dulu Zaman Pak SBY Itu Ada Wikileaks

Kedua, lanjut Mahfud MD, ini merupakan respons pemerintah terkait Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang telah disahkan DPR di tingkat satu.

 

“Lalu yang kedua, dalam sebulan ke depan, kira-kira itu akan ada pengundangan, Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi, yang sudah disahkan di DPR di tingkat 1,” ujar Mahfud.

“Berarti, tinggal tingkat 2 itu pengesahan di paripurna tidak akan ada pembahasan substansi.”

Menurut Mahfud, Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi juga memuat arahan agar ada satu tim yang fokus menangani keamanan data masyarakat Indonesia.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU