> >

Pakar Pidana: Pengacara Ferdy Sambo Berupaya Melakukan Pembunuhan Karakter Terhadap Richard Eliezer

Hukum | 29 Desember 2022, 12:17 WIB
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo,di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Hukum Pidana Suparji Ahmad menilai Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi berupaya melakukan pembunuhan karakter terhadap Richard Eliezer Pudihang Lumiu dengan mempersoalkan status Justice Collaborator.

Penilaian itu disampaikan oleh Pakar Hukum Pidana Suparji Ahmad dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (29/11/2022).

“Ini (mempersoalkan justice collaborator) akan lebih banyak pada sebuah opini atau mungkin lebih dalamnya lagi sebagai character assassination, sebagaimana yang dilakukan terhadap Yosua sebagai pembunuhan karakter,” ucap Suparji.

“Karena selama ini narasi-narasi yang berkembang, yang tidak 1 kubu itu kemudian dikembangkan narasi-narasi yang negatif.”

Baca Juga: Martin: Ferdy Sambo Enggak Gentle, Dia Ingin Gugurkan Status JC Agar Eliezer Jadi Pelaku Utama

Menurut Suparji Ahmad, pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi harusnya fokus pada soal perintah jika memang tidak menyuruh Eliezer menembak.

Bukan justru memperkarakan soal legitimasi justice collaborator yang diberikan LPSK kepada Richard Eliezer.

 

“Tidak ada urgensinya dari pihak FS atau terdakwa lainnya untuk mempersoalkan kapasitas Eliezer sebagai justice collaborator, bukan urusannya, karena ini tidak berpengaruh kepada yang bersangkutan,” ucap Suparji Ahmad.

Apalagi dalam perkara tewasnya Yosua, lanjut Suparji, publik tahu Richard Eliezer sudah dengan sangat berani membongkar skenario bohong Ferdy Sambo.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU