> >

KPU Kota Yogyakarta Jadwalkan Sosialisasi Rekrutmen Badan Ad Hoc Pilkada 2024 Senin Depan

Rumah pemilu | 20 April 2024, 00:40 WIB
Ilustrasi. KPU Kota Yogyakarta menjadwalkan sosialisasi rekrutmen badan ad hoc Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Senin depan. (Sumber: KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menjadwalkan sosialisasi rekrutmen badan ad hoc Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Senin depan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (19/4/2024).

Ia menyebut KPU RI telah memerintahkan KPU kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

"Surat Keputusan 476 itu memerintahkan kepada KPU Kabupaten Kota untuk melakukan sosialisasi dan pembentukan PPK dan PPS dengan seleksi terbuka,” jelasnya kepada Kompas.com.

Baca Juga: KPU Buka Rekrutmen Panitia Pemilu Lagi, Kali Ini untuk Pilkada Serentak 2024

“Kemudian memperhatikan kinerja PPK PPS yang sudah menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Jogja," tambahnya.

Pihaknya, lanjut Noor, menjadwalkan pelaksanaan sosialisasi tersebut mulai Senin pekan depan.

"Sosialisasi hari Senin," imbuh Harsya.

Seleksi badan ad hoc, lanjut dia, bersifat terbuka. Artinya, siapa pun boleh mendaftar sebagai anggota badan ad hoc, baik yang pernah bekerja pada posisi yang sama pada Pemilu 2024 maupun yang belum.

"Seleksi terbuka, berarti orang baru dan orang lama diperbolehkan yang memang masih berkenan dan kemudian memenuhi syarat," tuturnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU