> >

Teruntuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo, Pesan Liliyana Natsir: Mental Sangat Penting!

Olimpiade tokyo | 20 Juli 2021, 04:05 WIB
Liliyana Natsir, mantan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia. (Sumber: Dok. PBSI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir memberikan pesan kepada para atlet Tanah Air yang saat ini tengah berada di Jepang guna mengikuti Olimpiade Tokyo.

Mantan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia tersebut mengingatkan, salah satu faktor penting yang perlu disiapkan sebelum berlaga di ajang olahraga besar seperti olimpiade adalah mental.

Menurut Liliyana, terdapat gengsi tersendiri yang begitu tinggi dalam olimpiade, sehingga atlet harus benar-benar mempersiapkan diri dengan matang agar dapat meraih hasil maksimal.

"Mulai dari suasana dan semuanya itu berbeda dengan (turnamen) biasanya. Mental jadi sangat penting karena di olimpiade tekanannya sangat tinggi," ujar Liliyana dalam acara peluncuran logo terbaru Tim Indonesia yang digelar secara virtual, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Pasangan Hendra/Ahsan Mengaku Lebih Rileks Jelang Olimpiade Tokyo

Selain itu, Liliyana juga menegaskan, status unggulan dan nonunggulan juga bukan jaminan untuk meraih kemenangan saat turun ke lapangan.

Liliyana menceritakan, pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, justru banyak atlet yang berstatus unggulan tumbang.

"Sebaliknya, mereka yang tidak diunggulkan malah menjadi juara," ungkap Butet, sapaan akrab Liliyana.

Tak lupa, Liliyana pun berpesan kepada seluruh atlet agar memaksimalkan setiap kesempatan yang ada dan berharap tradisi medali emas dapat terus terjaga.

"Bukan hanya dari bulu tangkis, tetapi semua cabang olahraga. Olimpiade adalah tujuan bagi atlet. Kesempatan belum tentu datang lagi. Jadi harus benar-benar siap, dan semoga meraih hasil terbaik," pungkasnya.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara


TERBARU