> >

Intip Cara KBRI Dili Bina Persaudaraan Antarpemuda di Perbatasan Indonesia dan Timor-Leste

Kompas sport | 28 November 2021, 19:53 WIB
Para kelompok pemuda yang megikuti acara lomba sepak bola persahabatan di perbatasan Indonesia Timor-Leste. (Sumber: Dokumentasi KBRI Dili)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Jumat, 26 November 2021, KBRI Dili melalui Kantor Penghubung di Oecusse menggelar acara 'Sepak bola Persahabatan Pemuda Perbatasan Indonesia dan Timor-Leste' di lapangan Postosica, Lifau, kota Oecusse (baca: Okusi), Timor-Leste.

Acara ini merupakan inisiatif bersama KBRI Dili, Diaspora Indonesia Oecusse dan perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Oecusse. Protokol Covid-19 diterapkan secara ketat.

Tujuan kegiatan adalah memperat tali persaudaraan dan persahabatan di antara pemuda dua negara yang tinggal di ujung perbatasan di pulau Timor, yaitu Oecusse, Timor-Leste.

Selain itu, acara ini untuk merayakan hari pemuda di tiap negara yang mana Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober sedangkan Timor-Leste pada bulan November.

Acara dilaksanakan selama sepekan mulai 19-26 November 2021, dan diikuti 8 (delapan) klub sepakbola di Oecusse dengan rentang usia pemain 15 – 28 tahun.

Para pemain adalah pemuda keturunan Indonesia yang tinggal di Oecusse dan pemuda Timor-Leste. Sepak bola dilakukan dengan sistem setengah kompetisi memperebutkan tropi juara dan pencetak gol terbanyak.

Beragam hadiah berupa piagam, medali dan perlengkapan olahraga sepakbola dari KBRI Dili dan perusahaan Indonesia di Oecusse sebagai sponsor.

Baca Juga: Shin Tae-yong Turunkan Banyak Pemain Baru dalam Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Antalyaspor

Sepak bola persahabatan tersebut dijuarai oleh Klub Polnis. Diiikuti Klub Diaspora Indonesia Oecusse sebagai runner-up dan Klub Kinantan di tempat ketiga.

Gelar top skor alias pencetak gol terbanyak yakni 8 gol diraih pemuda Oecusse, Maxciano Quebo dari Klub Kinantan.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU