Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerjasama KompasTV dengan Le Minerale

Tetap Bugar Selama Pandemi, Ini Caranya!

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 16:42 WIB
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga sistem kekebalan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan selama pandemi Covid-19.

Selain mengikuti protokol kesehatan (prokes) 5M yang ketat, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga, ada satu lagi hal penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air adalah komponen tunggal terbesar dari tubuh manusia, yaitu sekitar 70 persen dari total massa tubuh.

Dalam melakukan aktivitas harian, manusia kehilangan sedikitnya 2 persen dari kadar air dalam tubuh. Namun, orang yang melakukan aktivitas berat seperti atlet berpotensi kehilangan lebih banyak cairan, yaitu kitar 6-10 persen dari cairan melalui keringat.

Penting untuk terus memenuhi asupan cairan sesuai takaran yang dianjurkan. Berapa jumlah air yang dianjurkan pakar kesehatan?

Takaran minum air mineral per hari

Sama seperti mengonsumsi makanan dan minuman lainnya, asupan air yang berlebih justru akan mengganggu kesehatan tubuh. Hal ini juga sebaliknya, kekurangan cairan dari takaran normal dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Umumnya, konsumsi air mineral pada orang dewasa sebanyak 2 liter per hari. Dengan kata lain, orang dewasa perlu minum air mineral sebanyak 2 liter setiap hari agar tidak terjadi dehidrasi dan gangguan kesehatan lain.

Namun dilansir dari Klikdokter, setiap orang ternyata memiliki kebutuhan air yang berbeda. Kebutuhan air juga dipengaruhi oleh berat badan, kondisi tubuh, dan aktivitas harian orang tersebut.

Seseorang bisa memiliki kebutuhan air lebih banyak jika melakukan kegiatan berat, seperti berolahraga secara intens, terutama di cuaca panas.

Baca Juga: Ini Manfaat Air Mineral yang Sangat Dibutuhkan Tubuh!

Kebutuhan air juga dapat meningkat saat seseorang sedang berada dalam kondisi sakit seperti flu, atau memiliki masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, sedang hamil, atau menyusui.

Selain itu, kebutuhan air minum yang sesuai dengan berat badan juga perlu diperhatikan karena berhubungan erat dengan proses metabolisme tubuh.

Selain dari minuman, sekitar 20 persen asupan cairan pada tubuh juga dicukupi melalui makanan, seperti buah dan sayur.

Mengutip sumber Kemenkes RI, bayam dan semangka mengandung hingga 90 persen air.

Kebutuhan air mineral harian harus diperhatikan untuk menjaga kekebalan dan imun tubuh, khususnya saat pandemi.

Manfaat air mineral untuk sistem kekebalan tubuh

Berbagai ilmuwan telah membuktikan korelasi antara mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan kondisi fisik manusia.

Hal ini menyebabkan dampak lain terhadap kinerja fisik, seperti penurunan motivasi, kelelahan, dan sakit kepala. Orang yang mengalami dehidrasi akan lebih kesulitan beraktivitas, baik secara fisik maupun mental.

Fungsi kognitif yang diperlukan, misalnya dalam pengambilan keputusan dan reaksi manusia, juga terganggu pada tingkat dehidrasi yang relatif rendah. Hal ini dijelaskan dalam beberapa literatur. (Gopinathan et al, 1988)

Rutin meminum air mineral penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tak hanya itu, air mineral juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh, di antaranya membantu memberikan oksigen ke organ-organ dalam, mengatur suhu tubuh, membuang limbah, dan membersihkan saluran pernapasan.

Baca Juga: Pilah Sampah untuk Daur Ulang Bernilai Ekonomi

Bagi Anda yang memiliki risiko diabetes, banyak mengonsumsi air mineral merupakan cara terbaik untuk membantu mengurangi efek negatif gula, menjaga tubuh seseorang tetap sehat, dan siap melawan virus Covid-19.

Dilansir dari Diabetes.org, orang dengan diabetes lebih mungkin mengalami komplikasi serius akibat Covid-19. Secara umum, penderita diabetes memiliki gejala dan komplikasi yang lebih tinggi ketika terinfeksi virus apa pun.

Oleh karena itu, hidrasi sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh, khususnya di tengah pandemi. Jika tidak terhidrasi, kinerja fisik seseorang bisa menurun drastis.

Rutin minum air mineral juga sering direkomendasikan dalam perawatan medis di rumah Air mineral nya harus dipastikan yang berkualitas dan jelas mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh.

Le Minerale, mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh. Kemasannya terproteksi, ditandai dengan botolnya yang keras sebelum dibuka dan ada seal cap di tutup botol nya jadi dijamin aman dari pemalsuan dan kualitas mineralnya tetap utuh sampai ke tangan kita.

Selain itu, rasa segar Le Minerale membuat kita bisa minum lebih banyak!

Pastikan kebutuhan mineral tetap terpenuhi untuk penuhi kebutuhan cairan dan bantu meningkatkan kekebalan tubuh selama beraktivitas. Le Minerale, dapat segarnya, dapat sehatnya!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x