Kompas TV bisnis ukm

Dinilai Kurang Menggoda, Teten Masduki: Kemasan Produk Kuliner Kita Perlu Diperbaiki

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 17:05 WIB
dinilai-kurang-menggoda-teten-masduki-kemasan-produk-kuliner-kita-perlu-diperbaiki
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (tengah) didampingi Puteri Indonesia 2020 Maulida Raden Roro Ayu Maulida Putri (kiri bermahkota) dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Karmadibrata (kanan) saat mengunjungi Mandalika Food Festival di area Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

MANDALIKA, KOMPAS.TV – Packaging atau kemasan produk kuliner usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia perlu diperbaiki lantaran dinilai kurang menggoda untuk dibeli.

Hal ini diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki saat mengunjungi pameran Mandalika Food Festival di area Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022).

Teten membandingkan produk kuliner UMKM Indonesia dengan produk serupa buatan Jepang. Menurutnya, kemasan produk oleh-oleh Jepang sangat bagus.

“Di (Bandara Internasional) Narita, Jepang, oleh-oleh di sana packaging-nya sangat bagus, branding-nya keren, sehingga orang tergiur untuk membeli,” tuturnya kepada KOMPAS.TV saat ditemui di area Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3).  

Baca Juga: Teten Masduki Minta Gojek Beri Komisi Lebih Besar untuk Mitra UKM

Teten menambahkan, produk kuliner UMKM Indonesia untuk oleh-oleh atau suvenir sebenarnya sudah baik. Namun, faktor kemasan yang kurang mendukung membuatnya dinilai kurang menggoda untuk dibeli. 

“Nah, sekarang, di pameran UMKM ini, produknya bagus, enak. Sebenarnya sudah banyak yang bagus. Tapi packaging-nya, kemasannya masih kurang baik, branding-nya masih kurang bagus,” urai mantan Kepala Staf Presiden selama 2015 – 2018 ini.

Itu sebabnya, produk kuliner UMKM Indonesia harus diperbaiki.

“Ini kan perlu dikurasi. Supaya suvenir, oleh-oleh itu menggoda untuk dibeli. Selama ini kurang menggoda. Ada yang sudah baik dan banyak yang masih perlu diperbaiki,” ujar lelaki yang pernah menjadi koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) ini.

Baca Juga: Tanggapi Tweet Farid Gaban, Teten Masduki Sebut Tak Ada Toko Online yang Diistimewakan

Sebab, menurut Teten, jika kemasan produk UMKM itu bagus, maka harga jualnya pun bisa meningkat.

“Kalau kemasannya baik, branding-nya bagus, harganya juga bisa lebih tinggi. (Makanya) kita ingin agar ini dikurasi (diperbaiki),” ujarnya.

Lelaki plontos asal Garut, Jawa Barat ini optimistis hal itu bisa terwujud dengan melibatkan sejumlah pihak.

“Nah, (perbaikan kemasan) ini mungkin nanti akan melibatkan anak-anak komunitas kreatif,” pungkasnya.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Teten sempat mengungkap kepada para wartawan bahwa untuk perhelatan pameran produk UMKM MotoGP mendatang, packaging atau kemasan produk kuliner UMKM perlu diperbaiki. 
 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x