Kompas TV regional budaya

Belajar Bikin Wayang Rumput di Jalanan Yogyakarta

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 19:18 WIB
belajar-bikin-wayang-rumput-di-jalanan-yogyakarta
Pencinta wayang di Yogyakarta yang tergabung dalam Komunitas Wayang Merdeka membuat gebrakan dengan memperkenalkan cara membuat wayang suket di jalanan. (Sumber: dok.Komunitas Wayang Merdeka)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pencinta wayang di Yogyakarta yang tergabung dalam Komunitas Wayang Merdeka membuat gebrakan dengan memperkenalkan cara membuat wayang suket di jalanan.

Seperti yang dilakukan sekelompok orang di kawasan pedestrian Titik Nol Kilometer Yogyakarta pada Minggu (27/3/2022) pagi.

Cara membuat wayang rumput atau wayang suket diperkenalkan di depan umum. Siapa saja yang melintas boleh bergabung.

Tak terkecuali, Zaki Muhammad Almasis, pelancong dari Pemalang, Jawa Tengah yang berhenti dan bergabung dengan sekelompok orang yang berkumpul membuat wayang suket.

Untuk pemula, butuh waktu sekitar 30 menit sampai satu jam untuk menghasilkan sebuah wayang dari rumput mendong. Sementara, mereka yang mahir hanya butuh lima menit untuk menghasilkan wayang sederhana.

Baca Juga: Alasan Kemenag Rancang Logo Halal Baru Berbentuk Wayang: Unik hingga Representasikan Indonesia

Rumput mendong bisa dibeli di Pasar Beringharjo Yogyakarta, tepatnya di lantai tiga. Harga satu ikat rumput mendong hanya Rp15.000.

Seikat rumput mendong bisa menghasilkan 100 wayang suket. Artinya, untuk membuat wayang suket cukup bermodalkan Rp150.

Jantan Putra Bangsa adalah salah satu seniman yang mengajar cara membuat wayang suket di jalanan. Dengan telaten, ia mengajari para peserta cara membuat wayang suket.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x