Kompas TV tekno aplikasi

Penting! Badan Keamanan Siber Singapura Sarankan Segera Update Browser Chrome, Mengapa?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:07 WIB
penting-badan-keamanan-siber-singapura-sarankan-segera-update-browser-chrome-mengapa
Pengguna Google Chrome di Windows, Mac, dan Linux disarankan untuk segera mengunduh pembaruan terbaru, seperti saran Badan Keamanan Siber Singapura. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Badan Keamanan Siber Singapura, CSA, menyebut pengguna browser Google Chrome di komputer Windows, Mac, dan Linux disarankan untuk segera mengunduh pembaruan terbaru, Kamis (18/8/2022).

Google meluncurkan pembaruan keamanan ke browser Chrome-nya untuk mengatasi banyak kerentanan.

"Ke-11 kelemahan atau flaw tersebut termasuk yang tingkat keparahannya tinggi, yang dieksploitasi 'di alam liar', yang berarti peretas mungkin sudah menggunakannya untuk menargetkan perangkat biasa," kata raksasa teknologi Google dalam catatan pembaruannya, Selasa (16/8).

Selain deskripsi teknis singkat dari setiap perbaikan dalam pembaruan, Google tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang kerentanan yang teridentifikasi.

“Google biasanya tidak mengungkapkan banyak detail teknis tentang kerentanan kritis sampai sebagian besar pengguna memiliki kesempatan untuk memperbarui browser mereka,” ungkap Dr Stas Protassov, salah satu pendiri dan presiden teknologi perusahaan keamanan siber Acronis.

"Google biasanya mengungkapkan informasi sekitar 90 hari setelah kerentanan dilaporkan," tambahnya.

Memperhatikan cacat tingkat tinggi pada 19 Juli, Protassov mengharapkan rincian kerentanan akan terungkap pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Pertama Kali dalam 8 Tahun, Ikon Google Chrome Diperbarui, Apa Bedanya?

Ilustrasi Google Chrome. Pengguna Google Chrome di Windows, Mac, dan Linux disarankan untuk segera mengunduh pembaruan terbaru, seperti saran Badan Keamanan Siber Singapura. (Sumber: Kompas.com)

Biswajit De, konsultan teknis senior di Trend Micro, mencatat dari deskripsi singkat bahwa itu melibatkan fitur di browser yang memungkinkan peluncuran aplikasi dan layanan Web langsung dari halaman web.

“Sebagai browser No. 1 di dunia, sangat penting bagi pengguna untuk mengunduh pembaruan keamanan yang diperlukan untuk menghindari menjadi korban serangan berbahaya,” tambahnya.

Browser Chrome di komputer biasanya diperbarui secara otomatis setelah ditutup dan dibuka kembali.

Tetapi pengguna dapat memeriksa apakah mereka menggunakan versi terbaru dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas browser, mengakses "Bantuan", dan kemudian mengklik "Tentang Chrome".


Tombol “Perbarui Google Chrome” akan tampil jika browser belum diperbarui dengan pembaruan terbaru.

Mengkliknya akan menerapkan pembaruan.


Sumber : Kompas TV/Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x