Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Personel TNI AU Siap Amankan Bandara di Papua

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 16:33 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Ratusan personel TNI Angkatan Udara Satuan Tugas Komando Gerak Cepat atau KOPASGAT dikirim ke Papua, untuk mengamankan dua belas bandara dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata. Ratusan personel ini akan bertugas selama sembilan bulan kedepan.

Sebanyak 230 personel TNI Angkatan Udara dari Batalyon Komando 468 Sarotama Biak, tiba di Jayapura Papua pada Selasa Pagi. Kedatangan ratusan personel TNI Angkatan Udara ini disambut langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, dan dilanjutkan dengan upacara penerimaan dan pelepasan pasukan di Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, menyebut, ratusan personel TNI Angkatan Udara ini akan ditempatkan di sejumlah daerah rawan, seperti Kabupaten Puncak, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Nduga, Yahukimo, Paniai, Nabire Jayawijaya, Pegunungan Bintang hingga Merauke.

Mereka akan bertugas selama sembilan bulan kedepan untuk mengamankan 8 bandara dan memberikan jaminan keamanan bagi maskapai penerbangan dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata. Personel TNI Angkatan Udara diminta untuk selalu waspada saat menjalankan tugas karena kelompok bersenjata masih menjadi ancaman serius bagi aparat keamanan.

Sementara itu penghargaan diberikan kepada satgas KOPASGAT yang sudah menyelesaikan tugas dan akan kembali ke daerah asal. Pangdam berharap pengalaman tugas di Papua menjadi bekal untuk menghadapi tugas-tugas berikut dimasa akan datang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x