Kompas TV regional gaya hidup

Mengenal Pembagian 4 Generasi dalam Grup K-Pop

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 14:00 WIB
mengenal-pembagian-4-generasi-dalam-grup-k-pop
Grup idola Korea saat ini terbagi dalam empat generasi berbeda. (Sumber: Kamjagiya Korea!/Medio by KG Media)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini, grup K-Pop sedang memasuki era generasi keempat. Pada generasi ini, ada banyak grup baru bermunculan dengan berbagai konsep dan inovasi terbaru. Pada era ini, kesuksesan K-Pop pun sudah mencapai kancah global.

Meski begitu, ada andil generasi sebelumnya dalam kesuksesan generasi keempat ini. Salah satu grup idola generasi kedua, yaitu 2PM, telah dikenal secara global. Mereka pun berencana mengadakan konser di Indonesia tahun ini.

Informasi seputar konser grup beranggotakan tujuh pria ini disebutkan pula dalam Kamjagiya Korea! bertajuk “Boy Group Generasi Dua, 2PM Konser di Indonesia Tahun Ini!” dengan tautan akses dik.si/KamKor2PM.

Lantas, mengapa di Korea para grup idola terbagi dalam beberapa generasi? Apa saja perbedaan di dalamnya? 

Generasi 1 (1996–2002)

Mengutip Koreaboo, generasi ini diawali karena melihat kesuksesan Seo Taiji and Boys dan boy grup asal Amerika. Melihat hal itu, pada 1996, SM Entertainment pun menciptakan grup yang menjadi pionir generasi ini, yaitu H.O.T. Setelah itu, bermunculan pula grup-grup baru seperti Sechs Kies, g.o.d, Shinhwa, S.E.S, Baby Vox, hingga Fin.K.L.

Pada era ini, penggemar tiap grup pun muncul. Ketidaktersediaan internet pada saat itu membuat para penggemar memiliki cara berbeda untuk mendukung idolanya. Misalnya, saat ingin menonton konser, para penggemar harus rela antre di depan tempat penjualan agar bisa mendapatkannya.

Baca Juga: Kenapa Drama Korea Sangat Populer di Indonesia?

Begitu pula dengan album berbentuk kaset yang masih menjadi incaran para penggemar untuk mendengarkan lagu-lagu grup idola. Selain itu, pada masa ini, belum ada pula lightstick sehingga para penggemar mendukung grup idola dengan balon dan jas hujan dengan warna yang merepresentasikan grup kesukaannya, seperti H.O.T dengan warna putih dan Shinhwa dengan warna oranye.

Generasi 2 (2003–2011)

Mengutip Creatrip, generasi ini dikatakan memiliki perubahan yang cukup besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pasalnya, mayoritas grup generasi pertama sudah bubar ketika generasi kedua dimulai.

Setelah itu, SM Entertainment pun menciptakan boy group fenomenal, seperti TVXQ, Super Junior, hingga SHINee dan girl group, seperti Girls’ Generation. Sementara itu, YG Entertainment memiliki Big Bang dan 2NE1. Di sisi lain, JYP Entertainment berhasil menciptakan grup fenomenal, seperti Wonder Girls dan 2PM.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x